EDUKATIF : JURNAL ILMU PENDIDIKAN
Vol 5, No 2 (2023): April

Pengembangan Instrumen Penilaian Kognitif Berbasis Higher Order Thingking Skills dengan Penilaian Portofolio Pada Mata Pelajaran IPA

Ustadzah Ustadzah (UIN Salatiga, Indonesia)
Fatchurrohman Fatchurrohman (UIN Salatiga)



Article Info

Publish Date
24 Jul 2023

Abstract

Penelitian ini membahas tentang pengembangan alat asesmen kognitif berbasis hots dengan asesmen portofolio yang bertujuan untuk mengembangkan alat asesmen hots question yang efektif dan efisien. Metode yang digunakan untuk menyusun penelitian ini menggunakan tahapan penelitian dan pengembangan. Menggunakan desain 4D yang meliputi definisi, desain, pengembangan dan implementasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa alat penilaian kognitif host gabungan dapat meningkatkan hasil belajar dengan mencapai skor rata-rata yang lebih tinggi pada KKM. Disimpulkan bahwa data pre-test adalah 69,33 dan data post-test adalah 86,67 menggunakan sampel berpasangan T- data uji, memberikan korelasi sebesar 0,515 dan nilai signifikansi sebesar 0,000 Hasil perhitungan uji sampel berpasangan dikenal dengan Sig. (two-tailed) nilainya 0,000 < 0,05, maka H0 ditolak dan Ha diterima Artinya ada perbedaan antara pretest dan posttest

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

Publisher

Subject

Education Mathematics Social Sciences

Description

Fokus dan scope Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan meliputi hasil kajian ilmiah di bidang pendidikan baik yang dilakukan oleh guru, dosen maupun peneliti independent. Kajian tersebut meliputi, filsafat pendidikan, psikologi pndidikan, bimbingan dan konseling pendidikan, metodologi pendidikan, analisis ...