Symmetry: Pasundan Journal of Research in Mathematics Learning and Education
Vol. 8 No. 1 (2023): Symmetry: Pasundan Journal of Research in Mathematics Learning and Education

Peningkatan Kemampuan Pemahaman Konsep Siswa SMA Melalui Model Discovery Learning Berbantuan Geogebra

Vevi Hermawan (Universitas Pasundan)
Agus Dede Anggiana (Unknown)
Taufik Rahman (Universitas Pasundan)



Article Info

Publish Date
24 Jul 2023

Abstract

Kemampuan pemahaman konsep matematis merupakan hal yang penting yang harus dimiliki oleh siswa. Salah satu alternatif model pembelajaran yang dapat membantu mengembangkan kemampuan pemahaman konsep matematis yaitu model discovery learning berbantuan GeoGebra. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kemampuan pemahaman konsep matematis siswa yang memperoleh model discovery learning berbantuan GeoGebra lebih tinggi daripada siswa yang memperoleh model pembelajaran konvensional. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuasi eksperimen dengan desain pretest-posttes control grup. Subjek pada penelitian adalah siswa kelas XI SMA Negeri 1 Patokbeusi tahun ajaran 2021/2022. Instrumen penelitian yang digunakan berupa soal uraian tes kemampuan pemahaman konsep matematis. Data yang terkumpul diolah dengan menggunakan software SPSS Statistic 17.0 for windows. Berdasarkan hasil penelitian, diperoleh kesimpulan bahwa peningkatan kemampuan pemahaman konsep matematis siswa yang memperoleh model Discovery Learning berbantuan GeoGebra lebih tinggi daripada siswa yang memperoleh model pembelajaran konvensional

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

symmetry

Publisher

Subject

Education Mathematics

Description

This journals is an international journal, publishing original refereed articles on all aspects of mathematics education. Papers should address the central issues in terms which are of relevance across educational systems and informed by wider thinking in the field. The journal has three sections, ...