Imajiner: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika
Vol 5, No 2 (2023): Imajiner: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika

Analisis Kemampuan Numerasi Siswa SMP Kelas VIII dalam Menyelesaikan Soal Bilangan Model Asesmen Kompetensi Minimum

Trigita, Winda Nur (Unknown)
Prayito, Muhammad (Unknown)
Albab, Irkham Ulil (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Mar 2023

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan numerasi siswa SMP kelas VIII dalam menyelesaikan soal bilangan model Asesmen Kompetensi Minimum. Penelitian ini dilakukan di SMP Negeri 4 Juwana. Jenis penelitian ini merupakan penelitian deskriptif  kualitatif. Subjek yang diambil adalah 6 siswa di kelas VIII A SMP Negeri 4 Juwana berdasarkan hasil tes kemampuan numerasi yang berkemampuan tinggi, berkemampuan sedang, dan berkemampuan rendah. Teknik pengumpulan data yang digunakan yakni tes tertulis dan tes wawancara. Teknik analisis data dilakukan dengan 3 tahapan yakni reduksi data, penyajian data, serta penarikan kesimpulan. Teknik pengecekan keabsahan data yaitu menggunakan triangulasi teknik. Berdasarkan hasil analisis diketahui bahwa siswa berkemampuan numerasi tinggi memenuhi ketiga indikator numerasi dengan baik, siswa berkemampuan numerasi sedang cukup memenuhi sebagian ketiga indikator numerasi dengan baik, dan siswa berkemampuan numerasi rendah kurang memenuhi ketiga indikator numerasi dengan baik.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

imajiner

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

Imajiner: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika memiliki fokus utama pada pengembangan ilmu di ranah matematika dan pendidikan. Lingkup dari fokus utama tersebut meliputi pendidikan dan terapan. ...