Al-Madrasah: Jurnal Ilmiah Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah
Al-Madrasah Vol. 7, No. 3 (Juli 2023)

Strategi Guru untuk Meningkatkan Minat Belajar IPS di Sekolah Dasar

Firmansah Firmansah (Universitas Pendidikan Ganesha)
Wayan Lasmawan (Universitas Sulawesi Raya)



Article Info

Publish Date
23 Jul 2023

Abstract

Salah satu cara yang tepat dan nampak logis untuk memotivasi murid di Sekolah Dasar dengan menggunakan tehnik mengajar bervariasi selama pelajaran berlangsung adalah menghubungkan pengalaman belajar dengan minat peserta didik. proses pembelajaran IPS yang terjadi di kelas cenderung mengacu pada teacher centered approach dimana guru lebih mendominasi dalam aktivitas pembelajaran.Dengan berbagai sumber data faktual sebagai dukungan dalam menyusun karya ilmiah dan memperoleh data-data dari literatur ilmiah seperti jurnal, dokumen, ensiklopedia dan buku bacaan dengan menggunakan metode studi kepustakaan (library research). Dengan melakukan analisis, identifikasi konten (isi) untuk membuat sebuah kesimpulan secara sistematis, teknik pengumpulan datanya dengan observasi di sekolah, dan telaah pustaka.Murid diminta mengemukakan pendapat dari pengalaman yang pernah dilihatnya secara kelompok, Murid diminta membaca sebuah buku, Murid diminta mendemonstrasikan pelajaran yang dipelajari berkaitan dengan materi, Murid diharapkan mencatat pembelajaran sebagai bahan yang dapat dipelajari kembali. Guru dalam memberikan pelajaran dibutuhkan stimulus dan kreatifitas untuk mengembalikan gairah belajar dan tidak merasa jenuh serta akan mepermudah murid dalam pembelajaran untuk dapat mengertiSalah satu cara yang tepat dan nampak logis untuk memotivasi murid di Sekolah Dasar dengan menggunakan tehnik mengajar bervariasi selama pelajaran berlangsung adalah menghubungkan pengalaman belajar dengan minat peserta didik. Sedangkan, minat belajar merupakan suatu gejala psikologis yang ditandai dengan adanya rasa senang.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

al-madrasah

Publisher

Subject

Education

Description

Al-Madrasah merupakan jurnal yang dikelola oleh Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Sekolah Tinggi Ilmu Al Quran Amuntai Kalimantan Selatan yang terbit berkala setiap 6 (enam) bulan sekali dengan scope dan issue yang diangkat terkait dengan pendidikan di tingkat madrasah ibtidaiyah ...