Paedagoria : Jurnal Kajian, Penelitian dan Pengembangan Kependidikan
Vol 14, No 3 (2023): Juli

DIGITAL LITERACY BOOST: MODUL DIGITAL BERFORMAT EPUB SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN EFEKTIF

Merlin Lauhi (Universitas Negeri Gorontalo)
Sri Maryati (Universitas Negeri Gorontalo)
Rakhmat Jaya Lahay (Universitas Negeri Gorontalo)



Article Info

Publish Date
14 Jul 2023

Abstract

Perkembangan teknologi informasi di era revolusi industri 4.0 telah mendorong dunia pendidikan untuk mengembangkan media digital dalam pembelajaran. Pengembangan modul digital tentunya membutuhkan perangkat teknologi yang dapat mengemas menjadi media yang efektif untuk mendukung literasi digital siswa. Oleh karena itu perangkat pengembangan modul digital dan format publikasi modul menjadi hal yang perlu dipertimbangkan. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan modul digital berformat EPUB menggunakan perangkat lunak sumber terbuka. Model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation) diadaptasi untuk mengembangkan modul digital. Secara keseluruhan, hasil penelitian menunjukkan bahwa penelitian telah melewati proses validasi oleh ahli materi, media dan pembelajaran. Persentase skor validasi masing-masing sebesar 96,47%, 87,62%, dan 92,72%. Respon siswa juga menunjukan hal yang positif dengan persentase rata-rata nilai sebesar 85,73%. Skor ini termasuk pada kategori Sangat Baik. Dengan demikian modul digital ini dapat digunakan sebagai media pembelajaran yang efektif di sekolah untuk mendukung literasi digital siswa.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

paedagoria

Publisher

Subject

Education

Description

Theoretical studies, research and development of teaching materials, activities, models or learning media in the field of education include mathematics and natural sciences (physics, chemistry, biology, science, ICT, and its applications); (2) social science, history, geography, culture and economy; ...