Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Indonesia (JPPI)
Vol. 3 No. 2 (2023): Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Indonesia (JPPI), Edisi Juli - Desember 2023

Peran Kepemimpinan Kepala Sekolah dalam Mengembangkan Budaya Membaca Al-Qur’an di SMA Negeri 2 Dompu

Abdul Munawar (SMA Negeri 2 Dompu)



Article Info

Publish Date
14 Jul 2023

Abstract

Penelitian ini mengunakan pendekatan kualitatif yang bersifat deskriptif, yaitu peneliti hanya mendeskripsikan, menganalisis fenomena, peristiwa dan aktivitas yang dilakukan berkaitan dengan budaya membaca Al-Qur’an dan peran kepemimpinan kepala sekolah dalam mengembangkan budaya membaca Al-Qur’an di SMA Negeri 2 Dompu.Teknik  pengumpulan data yang digunakan adalah: (1) wawancara mendalam (2) pengamatan berperan serta (3) studi dokumentasi. Teknik mengecek keabsahan data menggunakan: (1) perpanjangan keikutsertaan (2) ketekunan pengamatan, dan (3) triangulasi. Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling dan snowball sampling.  yaitu teknik pengambilan sampel sumber data, yang pada awalnya jumlahnya sedikit, lama-lama menjadi besar. Sedangkan dalam menganalisis data menggunakan analisis model Miles and Huberman yaitu analisis model interaktif dengan alur tahapan: pengumpulan data (data collection), reduksi data (data reduction), penyajian data (data display), dan kesimpulan atau verifikasi (conclution drawing & verifying).  Temuan dalam Penelitian ini adalah  bahwa budaya membaca Al-Qur’an di SMA Negeri 2 Dompu dilaksanakan dalam bentuk Literasi memaca Al-Qur’an 15 menit sebelum pelajaran dimulai dan kegiatan ekstrakurikuler berupa program tahfidz Qur’an dan kegiatan tersebut dapat melibatkan seluruh warga sekolah. Temuan selanjutnya adalah bahwa dalam memgembangkan budaya membaca Al-Qur’an di sekolahnya terdapat beberapa peran, yaitu: a) Berperan sebagai edukator (pendidik), b) berperan sebagai manajer, c) berperan sebagai administrator, d) berperan sebagai supervisor, e) berperan sebagai leader (pemimpin), f) berperan sebagai innovator, g) berperan sebagai motivator.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

jppi

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Other

Description

Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Indonesia (JPPI) dengan p-ISSN: 2797-2879 dan e-ISSN: 2797-2860 merupakan jurnal pendidikan dan pembelajaran yang menerbitkan artikel hasil kajian teori dan hasil penelitian dibidang pendidikan dan pembelajaran pada satuan pendidikan sekolah dasar, satuan ...