Penelitian ini bertujuan 1) untuk mengetahui langkah-langkah pengembangan media infografis pada pembelajaran IPS subtema kedatangan bangsa-bangsa barat ke Indonesia kelas VIII di MTsN 1 Ngawi 2)untuk mengetahui kevalidan, kepraktisan, dan keefektifa media pembelajaran infografis pada pembelajaran IPS subtema kedatangan bangsa-bangsa barat ke Indonesia kelas VIII di MTsN 1 Ngawi 3) untuk mengatuhi respon minat belajar siswa setelah menggunakan media pembelajaran infografis pada pembelajaran IPS subtema kedatangan bangsa-bangsa barat ke Indonesia kelas VIII di MTsN 1 Ngawi. Penelitian ini menggunakan metode R&D dengan model ADDIE. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, tes, dokumentasi dan angket. Hasil dari penelitian tingkat kevalidan dari ahli media 93,5%, ahli materi 91,25% sehingga media valid dan layak digunakan. Tingkat kepraktisan diperoleh hasil angket respon siswa 96%, hasil pengematan aktivitas siswa 19%, dan nilai postest 86% sehingga media dikategorikan “praktisâ€. Tingkat keefektifan siswa berdasarkan hasil Paired Sample Test memperoleh 0,000<0.05 artinya terdapat pebredaan sebelum dan sesudah menggunakan media infografis sehingga dikategorikan “efektifâ€. Hasil dar angket minat belajar siswa mendapatkan presentae 96% dapat dikatakan media infografis dapat meningkatkan minat belajar siswa.
Copyrights © 2023