JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 7 No. 2 (2023): Agustus 2023

Pengaruh Model Pembelajaran Cooperative Script terhadap Keterampilan Berbicara Siswa Kelas V SDN 010247 Silo Lama

Kharisma Ramadhani Alya (Universitas Negeri Medan)
Eva Betty Simanjuntak (Universitas Negeri Medan)



Article Info

Publish Date
10 Jul 2023

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model Cooperative Script terhadap keterampilan berbicara siswa kelas V SDN 010247 Silo Lama pada tema peristiwa dalam kehidupan. Jenis penelitian ini adalah Pre-eksperimental menggunakan One Group Pretest-Posttest Design. Penelitian ini menggunakan teknik total sampling yaitu seluruh siswa kelas V SDN 010247 sebanyak 24 orang. Hasil analisis pre-test menunjukkan nilai rata-rata siswa 57,5 (8 siswa yang memenuhi kriteria terampil dalam berbicara dan 16 siswa tidak terampil). Setelah dilakukan pembelajaran menggunakan model Cooperative Script, siswa diberi post-test dengan perolehan nilai rata-rata siswa 88,16 (21 siswa mencapai kriteria terampil berbicara dan 3 siswa tidak terampil). Dapat disimpulkan model pembelajaran Cooperative Script berpengaruh terhadap keterampilan berbicara siswa kelas V SDN 010247 Silo Lama.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...