JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 7 No. 2 (2023): Agustus 2023

Teknik Penyiaran Radio dan Bentuk-Bentuk Program Siaran dalam Radio

Winda Kustiawan (Universitas Islam Negeri Sumatera Utara)
Elsa Jeynita Agustias (Universitas Islam Negeri Sumatera Utara)
Muhammad Hafiz Sapriadi (Universitas Islam Negeri Sumatera Utara)
Sabna Sabilla (Universitas Islam Negeri Sumatera Utara)
Sophia Lajuba (Universitas Islam Negeri Sumatera Utara)
Zulfah Hannum Bahri (Universitas Islam Negeri Sumatera Utara)



Article Info

Publish Date
12 Jul 2023

Abstract

Dalam proses produksi penyiaran radio tentunya harus melalui tahapan-tahapan serta memiliki teknik dalam melakukan siaran radio. Penelitian ini akan mengkaji bagaimana teknik dalam penyiaran radio serta apa saja yang termasuk dalam program penyajian radio. Penelitian ini menggunakan metode kajian pustaka, yang merupakan teknik pengumpulan dan pengkajian melalui berbagai sumber seperti buku, jurnal, dan lainnya yang terkait dengan permasalahan yang dibahas. Hasil pembahasan pada penelitian ini menemukan bahwa dalam program penyiaran radio, semua orang dalam radio ikut serta terlibat kegiatan penyiaran radio tersebut. Dengan keikutsertaan tersebut, maka segala bentuk barang ataupun produk yang dipasarkan ataupun dipromosikan di radio dapat dengan mudah dikenali oleh khalayak umum. Kesimpulan penelitian ini adalah teknik penyiaran radio terdiri dari teknik siaran langsung dan teknik siaran tunda. Penulisan naskah menempati posisi yang sangat penting dalam menyebarkan informasi di radio, dalam penulisan naskah penulis naskah harus dapat menulis menggunakan gaya bahasa sendiri, padat, jelas, dan singkat. Bentuk-bentuk program penyiaran dalam radio diantaranya adalah program talk show, program seni dan budaya, program wawancara (interview), program hiburan pop, program suara masyarakat, dan program diskusi panel.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...