JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 7 No. 2 (2023): Agustus 2023

Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar di SDN Desa Sambimulyo oleh Pengembang Kurikulum dengan Kode Etik Profesi

Ahmad Alfa Rifaldi (Universitas Singaperbangsa Karawang)
Akil Akil (Universitas Singaperbangsa Karawang)
Kasja Eki Waluyo (Universitas Singaperbangsa Karawang)



Article Info

Publish Date
16 Jul 2023

Abstract

Penelitian yang dilakukan merupakan penelitian deskriptif kualitatif dengan tujuan untuk mengetahui kebijakan pengembang kurikulum yakni wakil kepala sekolah bidang kurikulum di SDN yang ada di Desa Sambimulyo Kabupaten Banyuwangi mengenai pengimplementasian kurikulum merdeka belajar dengan menerapkan kode etik profesi. Pengumpulan data pada penelitian ini dilakukan dengan berbagai cara, yakni observasi, wawancara, dan dokumentasi. Dari penelitian ini didapatkan bahwa kurikulum merdeka sudah mulai diimplementasikan yang bertujuan untuk menghasilkan peserta didik berakhlak mulia, mampu berfikir kritis, mandiri, memiliki rasa gotong royong, kebersamaan, serta mengedepankan bhineka tunggal ika. Pengembang kurikulum memberikan program yang kreatif dan inovatif sehingga guru-guru juga bisa bekerjasama dalam mensukseskan kurikulum merdeka belajar.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...