JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 7 No. 2 (2023): Agustus 2023

Pengelolaan Keuangan Perusahaan UMKM Menggunakan Aplikasi Zahir Accounting Versi 6.0

Lukmanul Hakim (Sistem Informasi Akuntansi Kampus Kabupaten Karawang, Universitas Bina Sarana Informatika)
Ratnawati Ratnawati (Sistem Informasi Akuntansi Kampus Kabupaten Karawang, Universitas Bina Sarana Informatika)
Surtika Ayuminda (Sistem Informasi Kampus Kabupaten Karawang, Universitas Bina Sarana Informatika)
Nurul Ichsan (Sistem Informasi, Universitas Bina Sarana Informatika)



Article Info

Publish Date
16 Jul 2023

Abstract

Masalah pengelolaan keuangan yang sering muncul pada perusahaan UMKM yaitu pencatatan transaksi dan penyusunan laporan keuangan yang masih dilakukan manual dan konvensional, pembuatan jurnal dengan sistem double entry, kesulitan mengetahui nilai asset perusahaan, serta kesulitan menyusun buku besar. Tujuan penelitian ini uji coba penerapan software Zahir Accounting pada suatu perusahan UMKM. Metode penelitian yang digunakan adalah studi kasus pada PT Ludean Kreasi Utama (PT LKU). Pengumpulan data dengan wawancara dan observasi. Data diolah dan dianalisis dengan aplikasi Zahir Accounting Versi 6.0. Penelitian ini menyimpulkan Pertama, Zahir Accounting versi 6.0 dapat diterapkan dan fitur-fiturnya memenuhi kebutuhan pencatatan transaksi; Kedua, implementasi Zahir Accounting versi 6.0 bermanfaat sebagai penyimpan informasi, mempermudah pencarian dan pengecekan informasi, hasil pengolahan data lebih akurat, mempermudah dan mempercepat penyusunan laporan keuangan; Ketiga, kinerja keuangan PT LKU sangat baik, berdasarkan laporan laba rugi diperoleh laba bersih, neraca menunjukkan total aset lebih besar dari total kewajiban, dan arus kas positif.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...