“Dalam konteks komponen kurikuler PAI, kajian ini akan berkonsentrasi pada inovasi kurikulum. Ada perspektif terbatas tentang kurikulum sebagai kumpulan disiplin ilmu, meskipun kurikulum dapat dipahami dalam berbagai cara. Semua pengalaman yang dimiliki anak sebagai akibat dari pengarahan, pengawasan, dan pertanggungjawaban sekolah termasuk dalam pengertian yang luas. Akibat peranan komponen-komponen tersebut dalam terciptanya suatu sistem kurikulum, maka dapat dikatakan bahwa komponen tersebut merupakan komponen esensial dan fungsional dari suatu sistem kurikulum yang tidak dapat dipisahkan. karena kurikulum dapat diibaratkan sebagai entitas, baik itu manusia maupun hewan, yang memiliki susunan anatomi tertentu. Oleh karena itu, komponen kurikuler adalah bagian atau bagian dari kurikulum yang dibuat untuk mencapai tujuan pendidikan tertentu. Kurikulum dapat dibandingkan dengan suatu organisme, seperti manusia atau hewan, yang memiliki struktur anatomi tertentu. Tujuan, isi atau materi, sistem atau prosedur penyampaian, media, dan evaluasi merupakan bagian utama dari anatomi kurikulum. Unsur-unsur ini memiliki hubungan yang erat satu sama lain. kritik terhadap usulan penulis untuk menyempurnakan kurikulum Pendidikan Agama Islam ketika diimplementasikan di sekolah dengan memasukkan prinsip-prinsip agama dan cita-cita kerjasama.”
Copyrights © 2023