Pemberian umpan balik merupakan kegiatan penting yang harus dilakukan guru dalam pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pemberian umpan balik (feedback) terhadap motivasi dan hasil belajar biologi peserta didik. Jenis penelitian adalah quasy eksperimental design dengan rancangan randomized control group posttest-only design. Penelitian dilaksanakan pada bulan Mei-Juni 2023. Populasi penelitian seluruh peserta didik kelas X MIPA di SMAN 1 Payakumbuh, sedangkan sampel penelitian yaitu peserta didik kelas X MIPA 3 dan X MIPA 4. Instrumen penelitian adalah kuisioner untuk data motivasi belajar dan posttest untuk data hasil belajar. Data dianalisis mengguanakan uji Independent Sample T-test. Berdasarkan analisis data diperoleh nilai t hitung data motivasi belajar yaitu 5,55 sedangkan nilai t tabel yaitu 2,00. artinya pemberian umpan balik berpengaruh positif terhadap motivasi belajar biologi peserta didik. Nilai t hitung untuk hasil belajar yaitu 3,05 sedangkan nilai t tabel yaitu 1,99 artinya pemberian umpan balik berpengaruh positif terhadap hasil belajar peserta didik. Dengan demikian disimpulkan bahwa pemberian umpan balik berpengaruh positif terhadap motivasi dan hasil belajar biologi peserta didik.
Copyrights © 2023