JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 7 No. 2 (2023): Agustus 2023

Pengaruh Pemberian Umpan Balik (Feedback) Terhadap Motivasi dan Hasil Belajar Biologi Peserta Didik

Khozanatur Rohmah (Program Studi Pendidikan Biologi, Universitas Negeri Padang)
Helendra Helendra (Program Studi Pendidikan Biologi, Universitas Negeri Padang)
Ardi Ardi (Program Studi Pendidikan Biologi, Universitas Negeri Padang)
Yosi Laila Rahmi (Program Studi Pendidikan Biologi, Universitas Negeri Padang)



Article Info

Publish Date
18 Jul 2023

Abstract

Pemberian umpan balik merupakan kegiatan penting yang harus dilakukan guru dalam pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pemberian umpan balik (feedback) terhadap motivasi dan hasil belajar biologi peserta didik. Jenis penelitian adalah quasy eksperimental design dengan rancangan randomized control group posttest-only design. Penelitian dilaksanakan pada bulan Mei-Juni 2023. Populasi penelitian seluruh peserta didik kelas X MIPA di SMAN 1 Payakumbuh, sedangkan sampel penelitian yaitu peserta didik kelas X MIPA 3 dan X MIPA 4. Instrumen penelitian adalah kuisioner untuk data motivasi belajar dan posttest untuk data hasil belajar. Data dianalisis mengguanakan uji Independent Sample T-test. Berdasarkan analisis data diperoleh nilai t hitung data motivasi belajar yaitu 5,55 sedangkan nilai t tabel yaitu 2,00. artinya pemberian umpan balik berpengaruh positif terhadap motivasi belajar biologi peserta didik. Nilai t hitung untuk hasil belajar yaitu 3,05 sedangkan nilai t tabel yaitu 1,99 artinya pemberian umpan balik berpengaruh positif terhadap hasil belajar peserta didik. Dengan demikian disimpulkan bahwa pemberian umpan balik berpengaruh positif terhadap motivasi dan hasil belajar biologi peserta didik.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...