Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan persepsi siswa kelas IX tentang kemampuan mengajar mahasiswa PPL di MTs Lab. Ikip Al-Washliyah Medan dan faktor-faktor yang mempengaruhi persepsi siswa kelas IX tentang kemampuan mengajar mahasiswa PPL di MTs Lab. Ikip Al-Washliyah Medan. Jenis penelitian yaitu kualitatif dengan pendekatan deskripif kualitatif, Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi, sedangkan Teknik Analisa data berupa reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) Persepsi siswa terhadap keterampilan mahasiswa PPL dalam mengelola kelas di sekolah dengan hasil penelitian yang diperolehialah keterampilan mahasiswa PPL dalam mengelola kelas di sekolah MTs. LAB IKIP Al-Washliyah Medan secara garis besar telah menunjukkan hasil yang cukup baik karena dalam pelaksanaan pembelajaran mahasiswa PPL telah memperhatikan berbagai segi dalam memulai kegiatan pembelajaran, berdasarkan segi perencanaan, segi pengorganisasian kelas, segi bimbingan kelas dan dari segi koordinasi serta segi pengawasan yang terlaksana dengan cukup baik. 2) Faktor yang mempengaruhi persepsi siswa adalah bahwa mahasiswa PPL telah memenuhi perinsip-prinsip dalam pengelolaan kelas meliputi: menciptakan kehangatan dan keantusiasan, menggunakan kata-kata atau tulisan yang mudah dimengerti siswa, dan menggunakan alat/media sesuai kebutuhan sehingga mampu menarik perhatian dan meningkatkan minat siswa dalam mengikuti proses pembelajaran di kelas. Hasil penelitian ini diharapkan menjadi pengalaman yang digunakan sebagai bekal untuk menjadi tenaga pendidik atau guru dalam rangka membentuk calon pendidik yang professional dan menjadi contoh atau suri tauladan yang baik kepada calon siswanya.dan untuk melatih pembiasaan calon guru dalam merealisasikan ilmu yang telah diperoleh selama dibangku perkuliahan.
Copyrights © 2023