Penelitian pengelolaan kelas ini dilakukan untuk melihat bagaimana penerapan dari pengelolaan kelas yang dilakukan oleh Guru Pendidikan Agama Islam di SDN Panyingkiran 1. Pengelolaan kelas ini penting dilakukan oleh Guru disamping dari belajar-mengajar, sebab pengelolaan kelas diterapkan agar suasana di kelas lebih kondusif, tertib, menyenangkan, dan aman sehingga dengan terciptanya suasana kelas yang baik maka proses belajar dan motivasi belajar siswa akan meningkat. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dan pengumpulan datanya melalui wawancara dengan menggunakan teknik analisis reduksi data, penyajian data, serta penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilaksanakan, Guru Pendidikan Agama Islam di SDN Panyingkiran 1 melakukan pengelolaan kelas menggunakan pendekatan Sosio Emosional, pengaturan iklim kelas dilakukan Guru dengan secara Humonis, dan pengelolaan ruang kelas dilaksanakan dengan pengubahan suasana belajar agar peserta didik tidak bosan. Pengelolaan kelas di SDN Panyingkiran 1 dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam dilakukan secara maksimal agar terciptanya suasana kelas yang baik sehingga muncul motivasi belajar siswa dalam kelas.
Copyrights © 2023