Pendidikan Agama Islam merupakan salah satu bentuk pendidikan yang sangat dipengaruhi oleh batasan politik suatu bangsa. Sebelum kemerdekaan, praktik dualisme diatur secara ketat dan kurang berkembang dalam pendidikan Indonesia. Era kedua adalah orde lama, di mana pemerintah mulai menguasai semua lembaga negara, termasuk sistem pendidikan. Fase ketiga, yang dikenal sebagai Orde Baru, menyaksikan perluasan pendidikan Islam yang luar biasa. Pesantren yang sebelumnya eksklusif mempelajari agama, mulai memasukkan ilmu-ilmu umum dalam kurikulumnya selama ini. Siswa harus mengikuti pelajaran agama saat ini, dari sekolah dasar hingga pendidikan tinggi. Periode keempat adalah reformasi, di mana pendidikan agama Islam mendapat prioritas khusus dan disamakan dengan pendidikan umum. Tujuan dari artikel jurnal ini adalah untuk menyelidiki modernisasi kurikulum pendidikan agama Islam. Penelitian ini digunakan bersamaan dengan penelitian kepustakaan. Berdasarkan temuan artikel ini, telah terjadi pergerakan atau perubahan kurikulum Pendidikan Agama Islam pada setiap periodenya.
Copyrights © 2023