Penelitian ini dilatarbelakangi oleh tantangan yang dihadapi satuan pendidikan saat ini dalam mengimplementasikan kurikulum merdeka. Satuan pendidikan harus siap menerima perubahan dalam setiap aspek pembelajaran yang ada pada kurikulum merdeka. Namun saat ini masih terdapat satuan pendidikan yang belum baik dalam membuat perencanaan implementasi kurikulum merdeka. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui bagaimana perencanaan kepala sekolah dan guru PAI dalam mengimplementasikan kurikulum merdeka terutama pada mata pelajaran PAI di SMA Negeri 8 Padang. Jenis penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan menggunakan metode studi kasus. Instrumen yang digunakan adalah pedoman wawancara dan observasi. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa perencanaan implementasi kurikulum merdeka pada mata pelajaran PAI dirancang dengan baik seperti menganalisis kebutuhan peserta didik dengan asesmen diagnostik, merumuskan tujuan pembelajaran berdasarkan capaian pembelajaran, menganalisisis materi berdasarkan muatan lokal dan materi esensial, menggunakan metode dan media yang beragam, dan mengadakan refleksi dan evaluasi selama proses pembelajaran sesuai dengan panduan kurikulum merdeka.
Copyrights © 2023