Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh kompetensi aparat desa dan etika pelayanan terhadap kepuasan pada masyarakat desa Wringinpitu Kecamatan Tegaldlimo Kabupaten Banyuwangi.. Metode penelitian menggunakan kuantitatif, dengan teknik analisis data menggunakan teknik uji statistic melalui alat bantu program SPSS. Pembahasan dan hasil penelitian, melalui nilai F hitung sebesar 44.961 dengan tingkat signifikansi sebesar 0.000 (kurang dari 0.05) yang berarti bahwa Kompetensi aparat desa dan Etika Pelayanan secara simultan berpengaruh signifikan terhadap kepuasan masyarakat. Yang berarti pula bahwa apabila kompetensi aparat desa mengalami peningkatan dan Etika Pelayanan mengalami peningkatan, maka kepuasan masyarakat juga akan meningkat. Besarnya pengaruh kedua variabel tersebut sebesar 0.481 artinya besarnya pengaruh Kompetensi aparat desa dan Etika Pelayanan terhadap kepuasan masyarakat sebesar 48.1%, sedangkan sisanya 51.9% kepuasan masyarakat disebabkan oleh variabel lain. Kesimpulan hasil penelitian bahwa, ada pengaruh secara signifikant antara Kompetensi aparat desa dan Etika Pelayanan di desa Wringinpitu Banyuwangi.
Copyrights © 2023