Dari sekian banyaknya E-Commerce, Lazada merupakan salah satu online shop yang populer di Indonesia. Namun berdasarkan data jumlah kunjungan pelanggan dan perangkingan, Lazada mengalami penurunan. Hal ini mengidentifikasi adanya permasalahan yang diduga terkait kinerja Lazada mengalami penurunan dan kurangnya minat pelanggan untuk melakukan pembelian pada Lazada. Untuk itu penulis tertarik meneliti faktor-faktor yang mempengaruhi keputusan pembelian. Penelitian ini bertujuan menganalisis pengaruh kualitas pelayanan elektronik (e-sevice quality), promosi dan kepercayaan terhadap keputusan pembelian pelanggan pada Lazada di era covid-19 (studi kasus pada pelanggan Lazada di Kabupaten Gianyar). Populasi penelitian ini adalah pelanggan Lazada di Kabupaten Gianyar. Sampel yang digunakan adalah sebesar 108 responden. Metode pengumpulan data adalah metode observasi, kuesioner, wawancara dan studi dokumentasi. Teknik analisis regresi linier berganda digunakan untuk menguji pengaruh variabel bebas terhadap variabel dependen. Hasil penelitian menemukan bahwa Kualitas Pelayanan Elektronik (E-Service Quality), Promosi, dan Kepercayaan berpengaruh positif dan signifikan terhadap Keputusan Pembelian. Untuk meningkatkan kualitas pelayanan elektronik, Lazada perlu mengevaluasi layanan pengiriman agar dapat tepat waktu. Untuk meningkatkan Promosi, Lazada perlu menambahkan durasi dari promosi yang dilakukan dengan konten-konten yang menarik. Dan untuk Kepercayaan, Lazada perlu meningkatkan keamanan saat bertransaksi pada aplikasi atau situs web sehingga pelanggan dapat yakin untuk melakukan pembelian di Lazada.
Copyrights © 2023