Iqra: Jurnal Ilmu Kependidikan dan Keislaman
Vol 18 No 2: Juli 2023

Lembaga Pendidikan Pesantren di Indonesia: Islamic Boarding School Education Institutions in Indonesia

Rizki Ayu Amaliah Junaidi (Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar)
Bahaking Rama (Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar)
Muhammad Yahdi (Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar)



Article Info

Publish Date
15 Jul 2023

Abstract

Lembaga Pendidikan Pesantren di Indonesia memiliki peran penting dalam pendidikan agama dan tradisi Islam. Pesantren merupakan lembaga pendidikan yang menggunakan sistem asrama atau pondok, dengan sosok kiai sebagai tokoh sentral dan masjid sebagai pusat kegiatan. Pesantren memiliki beberapa sistem pendidikan, yaitu tradisional, modern, dan komprehensif, yang masing-masing memiliki karakteristik dan metode pembelajaran yang berbeda. Pesantren tradisional (Salâf) mempertahankan bentuk asli dengan mengajar kitab-kitab klasik dalam bahasa Arab, sedangkan pesantren modern (Khalaf) lebih mengadopsi sistem klasikal dan menggunakan kurikulum nasional. Pesantren komprehensif merupakan kombinasi antara pendidikan tradisional dan modern. Sistem pengelolaan pesantren tradisional lebih berada di tangan kiai, sedangkan pesantren modern cenderung memiliki gaya kepemimpinan yang kooperatif. Pesantren juga memiliki peran penting dalam menghasilkan santri yang memiliki pengetahuan agama yang luas. Metode pembelajaran di pesantren mencakup sorogan, bandongan, musyawarah, hafalan, lalaran, metode demonstrasi, dan metode riyâdah. Kurikulum di pesantren terdiri dari studi keagamaan dan studi umum, yang dapat dipisahkan atau digabungkan tergantung pada jenis pesantren yang ada. Secara keseluruhan, lembaga pendidikan pesantren di Indonesia memiliki peran yang signifikan dalam mengembangkan pendidikan agama Islam dan mempertahankan tradisi Islam. Pesantren memiliki beragam sistem pendidikan, metode pembelajaran, dan kurikulum yang mencerminkan perpaduan antara nilai-nilai tradisional dan kemajuan modern.

Copyrights © 2023