JIP (Jurnal Intervensi Psikologi)
Vol. 5 No. 1 (2013)

Meningkatkan Keterampilan Memperkenalkan Diri Anak Borderline Melalui Modelling

Niken Fahma Prahesti (Fakultas Psikologi, Universitas Muhammadiyah Malang)
Diana Savitri Hidayati (Fakultas Psikologi, Universitas Muhammadiyah Malang)



Article Info

Publish Date
30 Jun 2013

Abstract

Penelitian bertujuan mengetahui apakah Modelling dapat meningkatkan keterampilan memperkenalkan diri anak Borderline. Modelling dalam penelitian ini menggunakan video dan instruksi yang berulang-ulang. Penelitian menggunakan Eksplanasi eksperimen dengan rancangan desain One-Group Pretest-Posttest Design. Sampel penelitian dilakukan dengan purposive sampling dengan jumlah 5 orang siswa kelas 5 SDLB Ruhui Rahayu Samarinda dengan usia deviasi 10-15 tahun dan memiliki nilai intelegensi quotient (IQ) 69 – 79. Metode pengumpulan data dokumentasi, observasi, wawancara dan skala memperkenalkan diri. Metode analisa data menggunakan perbandingan nilai pretest dan posttest. Hasil penelitian menunjukan ada perubahan nilai memperkenalkan diri sebelum dan sesudah perlakuan berupa modeling. Hal ini dilihat dari perbedaan nilai pretest dan posttest dengan rata-rata nilai pretest 18.07 meningkat menjadi 30.80 pada saat posttest dengan perbandingan (p = 0.486) dan tidak ada perbedaan penilaian yang dilakukan oleh guru dan peneliti (p = 0,000).

Copyrights © 2013






Journal Info

Abbrev

intervensipsikologi

Publisher

Subject

Religion Humanities Education Health Professions Social Sciences

Description

JIP is presented to encourage and facilitate the publication of the result of the research in psychology that uses the intervention. 1. Social Psychology 2. Clinical Psychology 3. Educational Psychology 4. Industrial and Organisational Psychology 5. Islamic ...