SPEED: Journal of Special Education
Vol. 7 No. 1 (2023): SPEED: JOURNAL OF SPECIAL EDUCATION

Program Mahasiswa Pendamping Anak Berkebutuhan Khusus Sebagai Suporting Guru Pembimbing Khusus di Sekolah Inklusi Kota Surakarta

Munawir Yusuf (Universitas Negeri Sebelas Maret)
Fadjri Kirana Anggarani (Pusat Studi Difabilitas, Universitas Sebelas Maret)
Dian Atnantomi Wiliyanto (Pusat Studi Difabilitas, Universitas Sebelas Maret)
Mahardika Supratiwi (Pusat Studi Difabilitas, Universitas Sebelas Maret)



Article Info

Publish Date
26 Jul 2023

Abstract

Pusat Layanan Disabilitas dan Pendidikan Inklusif (PLDPI) Kota Surakarta merupakan UPT yang membawahi layanan sekolah inklusi di Surakarta. Sekolah inklusi yang berada di bawah UPT PLDPI berjumlah 19 sekolah Jenjang SD, 10 sekolah jenjang SMP dan 5 sekolah jenjang SMA/SMK. Mitra berada di Kota Surakarta yang meruapkan kota ramah anak dan kota inklusi sejak tahun 2013. Fokus Program Pengabdian ini sekolah inklusi jenjang SD di Kota Surakarta memiliki jumlah yang paling banyak dengan jumlah sekolah yaitu 16 sekolah dan Anak Berkebutuhan Khusus (ABK) per tahun 2022 adalah 280 peserta didik ABK. Dengan ini permasalahan mitra menjadi sangat komplek salah satunya yang dikeluhkan adalah masalah ketersediaan Guru Pendamping Khusus di Sekolah Inklusi jenjang SD. Dengan adanya masalah tersebut pihak pengusul pengabdian kepada masyarakat internasional dan mitra bekerjasama untuk memberikan kesempatan mahasiswa UNS semester 5 bisa magang selama 1 bulan sebagai suporting GPK di Sekolah Dasar Inklusi Kota Surakarta. Hal ini akan mengatasi masalah mitra yaitu PLDPI juga untuk menjalankan aturan PERWALI dalam memberikan layanan yang optimal bagi ABK di Kota Surakarta. Untuk mengatasi kesenjangan dalam penyediaan GPK tersebut, maka melalui Program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM), sangat dimungkinkan dapat diatasi dengan melibatkan mahasiswa yang memenuhi syarat melalui Program Mahasiswa Pendamping Anak Berkebutuhan Khusus di Sekolah Inklusi yang selanjutnya disingkat dengan MAPING-AKSI sebagai wujud program magang. Program Mahasiswa Pendamping Anak Berkebutuhan Khusus sebagai suporting Guru Pembimbing Khusus di Sekolah Inklusi Kota Surakarta dilaksanakan untuk dalam tahapan tiga tahap yang diharapkan dapat menjadi solusi permasalahan mitra, yaitu tahap persiapan, pelaksanaan, evaluasi dan pelaporan.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

speed

Publisher

Subject

Other

Description

SPEED Journal : Journal of Special Education is a multidisciplinary publication presenting primary research and scholarly reviews related to special education. SPEED Journal : Journal of Special Education provides research articles and scholarly reviews on special education for individuals with mild ...