JEID
Vol. 3 No. 1 (2023)

Pengembangan Media Pembelajaran Puzzle Lingkaran untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Pecahan pada Siswa Sekolah Dasar

Wulandari , Ani (Unknown)
Yuliandari, Ria Norfika (Unknown)



Article Info

Publish Date
11 Mar 2023

Abstract

Pecahan merupakan materi yang diajarkan mulai kelas III SD/MI dan merupakan materi yang sering terjadi miskonsepsi. Miskonsepsi adalah suatu konsep yang tidak selaras dengan konsep ilmiah yang telah ditetapkan. Faktor penyebab miskonsepsi adalah siswa belum memahami konsep pecahan. Keterbatasan media pembelajaran menjadi salah satu faktor kesulitan siswa dalam memahami konsep pecahan. Untuk mempermudah memahami konsep pecahan, maka dibuat media pembelajaran berupa puzzle lingkaran untuk meningkatkan pemahaman konsep siswa. Tujuan penelitian ini adalah: 1) Mendeskripsikan proses pengembangan puzzle lingkaran, 2) Mengetahui tingkat kelayakan dan kemenarikan puzzle lingkaran, 3) Mengetahui pemahaman konsep siswa setelah menggunakan puzzle lingkaran. Jenis penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan dengan model Borg and Gall. Subjek uji coba penelitian ini adalah siswa kelas III yang berjumlah 32 siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Menggunakan prosedur penelitian model pengembangan Borg and Gall. 2) Hasil validasi menunjukkan bahwa tingkat kelayakan media pembelajaran sebesar 87,6% dengan kriteria valid. Tingkat kemenarikan media pembelajaran sebesar 94,92% dengan kriteria menarik. 3) Hasil uji-t memperoleh thitung 11,35 > ttabel 2,042, sehingga terdapat perbedaan pemahaman konsep antara kelas yang menggunakan dengan kelas yang tidak menggunakan media pembelajaran puzzle lingkaran. Hal ini menunjukkan bahwa penggunaan media pembelajaran puzzle lingkaran dapat meningkatkan pemahaman konsep pecahan pada siswa.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

jeid

Publisher

Subject

Religion Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

JEID: Jurnal Integrasi dan Pengembangan Pendidikan mencakup pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial, Pendidikan Agama, Pendidikan Karakter, Pendidikan Bahasa dan Seni serta Media dan Teknologi ...