TERAPUTIK: Jurnal Bimbingan dan Konseling
Vol 4, No 2 (2020): Teraputik: Jurnal Bimbingan dan Konseling

Bimbingan kelompok teknik homeroom efektif dalam meningkatkan motivasi belajar siswa SMP Darul Ulum Waru Sidoarjo

Adi Setiawan (Universitas PGRI Adi Buana Surabaya)
Ayong Lianawati (Universitas PGRI Adi Buana Surabaya)



Article Info

Publish Date
01 Nov 2020

Abstract

Tidak sedikit siswa yang mempunyai motivasi belajar yang rendah. Berdasarkan permasalahan tersebut peneliti mencoba menerapkan layanan bimbingan kelompok teknik homeroom dalam meningkatkan motivasi belajar siswa. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui signifikansi Efektivitas Layanan Bimbingan Kelompok Teknik Homeroom dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Kelas VIII SMP Darul Ulum Sidoarjo. Jenis penelitian ini kuantitatif dengan menggunakan one group pre-test post-test design, dengan rancangan satu kelompok subjek. Subjek yang digunakan penelitian ini adalah 6 siswa dari kelas VIII-E dan VIII-F yang memiliki kemampuan motivasi belajar rendah. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa tidak ada peningkatan yang signifikan motivasi belajar siswa setelah diberikan teknik homeroom dalam bimbingan kelompok. Hasil perhitungan pre-test dan post-test menunjukkan adanya penurunan motivasi belajar siswa, dilihat dari hasil pre-test 111,30 dan hasil post-test menurun sebesar 98,33. Dari hasil uji wilcoxon dengan Asymp. Sig (2-tailed) sebesar 0,917, maka Ho diterima dan Ha ditolak.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

teraputik

Publisher

Subject

Humanities Education Other

Description

JURNAL TERAPUTIK : Jurnal Kajian Bimbingan dan Konseling published original manuscripts relating to the following: School Counseling; Psychology Counseling; Career Counseling; Couple, Marriage and Family Counseling; Mental Health; Counseling Supervision; Theory Development; Professional Counseling ...