Penelitian ini bertujuan untuk menentukan efektivitas cinema therapy untuk meningkatkan perilaku prososial siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji seberapa efektif penggunaan cinema therapy dalam bimbingan kelompok terhadap perilaku prososial siswa yang rendah. Kombinasi antara desain penelitian pre-experimental menggunakan kelompok tunggal pre test post test digunakan dalam penelitian ini. Total populasi adalah 63 siswa yang berasal dari kelas 8D dan 8I serta total sampel yang diambil adalah 8 siswa. Proses analisis data menggunakan Uji Wilcoxon pada SPSS. Hasil analisis menunjukkan bahwa nilai W adalah sig. (0.018) <0.05 dimana nilainya lebih tinggi. Terdapat kenaikan mean 71.25 sebelum diberi perlakuan dan 75.88 setelah diberi perlakuan dimana terdapat kenaikan sebesar 6.1%. Perubahan perilaku menunjukkan bahwa siswa menjadi pribadi yang kooperatif dan inisiatif di dalam kelas. Kesimpulannya adalah cinema therapy efektif meningkatkan prososial perilaku siswa.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2020