TERAPUTIK: Jurnal Bimbingan dan Konseling
Vol 4, No 2 (2020): Teraputik: Jurnal Bimbingan dan Konseling

Bimbingan kelompok teknik sosiodrama efektif untuk meningkatkan interaksi sosial siswa Kelas X SMA Antartika Sidoarjo

Maria Yonita Indul (Universitas PGRI Adi Buana Surabaya)
Ayong Lianawati (Universitas PGRI Adi Buana Surabaya)



Article Info

Publish Date
01 Nov 2020

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah interaksi sosial dapat ditingkatkan melalui teknik sosiodrama dalam bimbingan kelompok pada siswa kelas X SMA Antartika Sidoarjo. Rancangan penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah One group pre-test post-test design, diberikan kepada 7 orang siswa kelas X SMA ANTARTIKA Sidoarjo yang mendapat skor interaksi sosial. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah skala pengukuran untuk mengukur interaksi sosial yang rendah. Teknik analisis data yang digunakan pada penelitian ini adalah Teknik analisis Non Parametrik dengan menggunakan uji Wilcoxon. Hasil yang diperoleh menunjukan bahwa interaksi sosial mengalami peningkatan signifikan setelah pemberian teknik sosiodrama dalam bimbingan kelompok. Hasil analisis data diperoleh jumlah Asymp.sig (2-tailed) 0,018 karena nilai 0,018 lebih besar dari 0,05, maka H˳ ditolak dan Hₐ diterima. Kesimpulan, Interaksi sosial dapat ditingkatkan melalui teknik sosiodrama dalam bimbingan kelompok pada siswa kelas X SMA Antartika Sidoarjo.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

teraputik

Publisher

Subject

Humanities Education Other

Description

JURNAL TERAPUTIK : Jurnal Kajian Bimbingan dan Konseling published original manuscripts relating to the following: School Counseling; Psychology Counseling; Career Counseling; Couple, Marriage and Family Counseling; Mental Health; Counseling Supervision; Theory Development; Professional Counseling ...