Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah interaksi sosial dapat ditingkatkan melalui teknik sosiodrama dalam bimbingan kelompok pada siswa kelas X SMA Antartika Sidoarjo. Rancangan penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah One group pre-test post-test design, diberikan kepada 7 orang siswa kelas X SMA ANTARTIKA Sidoarjo yang mendapat skor interaksi sosial. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah skala pengukuran untuk mengukur interaksi sosial yang rendah. Teknik analisis data yang digunakan pada penelitian ini adalah Teknik analisis Non Parametrik dengan menggunakan uji Wilcoxon. Hasil yang diperoleh menunjukan bahwa interaksi sosial mengalami peningkatan signifikan setelah pemberian teknik sosiodrama dalam bimbingan kelompok. Hasil analisis data diperoleh jumlah Asymp.sig (2-tailed) 0,018 karena nilai 0,018 lebih besar dari 0,05, maka H˳ ditolak dan Hₐ diterima. Kesimpulan, Interaksi sosial dapat ditingkatkan melalui teknik sosiodrama dalam bimbingan kelompok pada siswa kelas X SMA Antartika Sidoarjo.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2020