TERAPUTIK: Jurnal Bimbingan dan Konseling
Vol 4, No 2 (2020): Teraputik: Jurnal Bimbingan dan Konseling

Bimbingan kelompok Jeopardy career game efektif dalam-meningkatkan kemantapan pemilihan karier siswa,SMPN 46 Surabaya

Ike Desy Asmarina (Universitas PGRI Adi Buana Surabaya)
Ayong Lianawati (Universitas PGRI Adi Buana Surabaya)



Article Info

Publish Date
01 Nov 2020

Abstract

Remaja memiliki pemilihan karier yang tidak stabil yang didominasi oleh pencarian jati diri yang sangat normal ketika masa pubertas. Berdasarkan fakta tersebut, tujuan penelitian ini adalah untuk menstabilkan pemilihan karier siswa agar siswa dapat secara mandiri menentukan karier mereka. Penelitian ini menggunakan penelitian eksperimental Randomized Control-Group Pretest-Posttest Design. Berdasarkan hasil analisis data pre test dan post test didapatkan hasil mean untuk kelompok eksperimen adalah 106.6 pre test dan 117.7 post test. Sementara itu mean untuk kelompok kontrol adalah 99.2 untuk pre test dan 128.4 untuk post test. Analisis kenaikan angka mean kedua kelompok tersebut menggunakan Independent Sample Test yang mendapatkan angka 1.593 dan perbandingan data t tabel adalah 1.73. Maka, dapat disimpulkan bahwa hasil penelitian menolak hipotesis dimana  ‘jeopardy career game efektif untuk meningkatkan kemantapan pemilihan karier siswa SMPN 46 Surabaya’.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

teraputik

Publisher

Subject

Humanities Education Other

Description

JURNAL TERAPUTIK : Jurnal Kajian Bimbingan dan Konseling published original manuscripts relating to the following: School Counseling; Psychology Counseling; Career Counseling; Couple, Marriage and Family Counseling; Mental Health; Counseling Supervision; Theory Development; Professional Counseling ...