Kecanduan game online adalah perilaku ketergantungan individu pada permainan teknologi yang berbasis pada jaringan internet dimana penggunanya tidak mampu mengendalikan keinginannya untuk terus menerus bermain game sehingga memberikan dampak negatif bagi dirinya dan mempegaruhi prestasi belajarnya.Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui penerapan teknik self control dalam bimbingan kelompok untuk mengurangi kecanduan game online siswa.Metode penelitian inimenggunakan  rancangan penelitianOne Group Pre-Test Post-Test Design, populasi 57 siswa kelas XI. Pada penelitian ini melibatkan 10 siswa kelas XI sebagai sampel penelitian yang diambil secara purposive rendom no rendom  sampling. Hasil meansebelum diberikan treatment sebesar 92,20 dan hasil mean sesudah diberikan treatmentsebesar 71,20, maka terdapat penurunan sebesar 29,4%.Berdasarkan hasil perhitungan diperoleh Asymp. Sig = 0,005 Perbandingan Asymp. Sig = 0,005 < α = 0,05 maka H0 ditolak dan Ha diterima. Artinya adalah terdapat pengaruh yang signifikan pada penerapan teknik self control dalam bimbingan kelompok terhadap kecanduan game online siswa kelas XI SMA Sejahtera Surabaya.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2020