TERAPUTIK: Jurnal Bimbingan dan Konseling
Vol 4, No 2 (2020): Teraputik: Jurnal Bimbingan dan Konseling

Bimbingan kelompok teknik self control efektif mengurangi kecanduan game online siswa SMA Sejahtera Surabaya

Yosefina Ignasia Nija (Universitas PGRI Adi Buana Surabaya)
Ayong Lianawati (Universitas PGRI Adi Buana Surabaya)



Article Info

Publish Date
01 Nov 2020

Abstract

Kecanduan game online adalah perilaku ketergantungan individu pada permainan teknologi yang berbasis pada jaringan internet dimana penggunanya tidak mampu mengendalikan keinginannya untuk terus menerus bermain game sehingga memberikan dampak negatif bagi dirinya dan mempegaruhi prestasi belajarnya.Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui penerapan teknik self control dalam bimbingan kelompok untuk mengurangi kecanduan game online siswa.Metode penelitian inimenggunakan  rancangan penelitianOne Group Pre-Test Post-Test Design, populasi 57 siswa kelas XI. Pada penelitian ini melibatkan 10 siswa kelas XI sebagai sampel penelitian yang diambil secara purposive rendom no rendom  sampling. Hasil meansebelum diberikan treatment sebesar 92,20 dan hasil mean sesudah diberikan treatmentsebesar 71,20, maka terdapat penurunan sebesar 29,4%.Berdasarkan hasil perhitungan diperoleh Asymp. Sig = 0,005 Perbandingan Asymp. Sig = 0,005 < α = 0,05 maka H0 ditolak dan Ha diterima. Artinya adalah terdapat pengaruh yang signifikan pada penerapan teknik self control dalam bimbingan kelompok terhadap kecanduan game online siswa kelas XI SMA Sejahtera Surabaya.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

teraputik

Publisher

Subject

Humanities Education Other

Description

JURNAL TERAPUTIK : Jurnal Kajian Bimbingan dan Konseling published original manuscripts relating to the following: School Counseling; Psychology Counseling; Career Counseling; Couple, Marriage and Family Counseling; Mental Health; Counseling Supervision; Theory Development; Professional Counseling ...