Manajemen waktu belajar merupakan suatu tahapan mengatur waktu belajar menurut prioritas dan tujuan yang direncanakan guna mewujudkan kewajiban sebagai pelajar. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui seberapa signifikan pengaruh strategi self-management dalam bimbingan kelompok untuk meningkatkan kemampuan siswa untuk memanajemenwaktubelajar. Penelitian ini dilakukan pada kelas XI SMA Sejahtera Surabaya dengan menggunakan metodeOne Group Pretest-Posttest Design, pada populasi 56 siswa kelas XI. Siswa yang diambil dari populasi adalah 10 siswa kelas XI secara purposive sampling. Hasil mean sebelum diberikan treatment sebesar 65,40 dan hasil mean sesudah diberikan treatment sebesar 83,70, maka terdapat peningkatan sebesar 27,9%. Berdasarkan hasil penelitian, perhitungan diperoleh Asymp. Sig= 0,005 Perbandingan Asymp. Sig = 0,005<α = 0,05 maka H0 ditolak dan Ha diterima. Artinya adalah terdapat pengaruh yang signifikan pada penerapan strategi Self-Management dalam layanan bimbingan kelompok terhadap manajemen waktu belajar siswa kelas XI SMA Sejahtera Surabaya.
Copyrights © 2020