Widya Genitri : Jurnal Ilmiah Pendidikan, Agama dan Kebudayaan Hindu
Vol 12 No 2 (2021): Widya Genitri: Jurnal Ilmiah Pendidikan, Agama dan Kebudayaan Hindu

URGENSI GROWTH MINDSET UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA DI MASA PANDEMI COVID 19

Evi Srihastuti (Universitas Islam Negeri Raden Mas Said Surakarta)
Fitri Wulandari (Universitas Islam Negeri Raden Mas Said Surakarta)



Article Info

Publish Date
30 Dec 2021

Abstract

Selama pandemi covid-19 proses pembelajaran diseluruh lembaga pendidikan dilakukan secara daring. Oleh sebagian siswa perubahan sistem ini membutuhkan kemampuan adaptasi dan kegigihan yang tinggi, selama proses pembelajaran tersebut siswa menjadi tidak semangat, merasa malas, bosan serta motivasi belajar siswa mengalami penurunan sehingga berdampak pada prestasi siswa yang ikut menurun. Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui urgensi growth mindset untuk meningkatkan prestasi belajar siswa di masa pandemi covid-19. Metode yang digunakan adalah studi literatur (telaah hasil riset). Growth mindset atau pola pikir berkembang merupakan sebuah pola pikir yang meyakini bahwa kercerdasan, bakat dan kualitas-kualitas dalam diri individu dapat berkembang melalui usaha dan kerja keras meskipun harus menghadapi berbagai tantangan dan kesulitan untuk meraihnya. Sehingga growth mindset memiliki peranan sangat penting untuk membangun pribadi siswa yang tangguh selama proses pembelajaran di masa pandemi covid-19. Oleh karena itu, dengan growth mindset siswa akan memiliki motivasi, semangat belajar dan tidak akan mudah menyerah dalam menghadapi tantangan-tantangan maupun kesulitan-kesulitan selama proses pembelajaran tersebut. Dari kajian ini dihasilkan bahwa growth mindset dapat meningkatkan prestasi belajar siswa terutama di masa pandemi covid-19.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

widyagenitri

Publisher

Subject

Religion Education Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences Other

Description

Fokus Widya Genitri : Jurnal Ilmiah Pendidikan, Agama dan Kebudayan Hindu tidak hanya menekankan pada fakta empiris atau teori murni, atau terhadap satu metode atau pendekatan tertentu. Scope Widya Genitri : Jurnal Ilmiah Pendidikan, Agama dan Kebudayaan Hindu memiliki Scope sebagai berikut : ...