Jurnal Fourier
Vol. 11 No. 2 (2022)

Analisis Kemampuan Koneksi Matematis Siswa dalam Menyelesaikan Soal Persamaan Trigonometri

Halimatus Sadiyah (UIN Sunan Kalijaga)
Dian Permatasari (UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta)



Article Info

Publish Date
31 Oct 2022

Abstract

Matematika merupakan salah satu mata pelajaran wajib yang ada di sekolah. Kebanyakan siswa menganggap pelajaran matematika merupakan pelajaran yang sulit. Hal ini karena matematika merupakan pelajaran yang abstrak. Namun dibalik kesulitanya, mempelajari matematika mempunyai banyak manfaat. Salah satunya adalah membangun koneksi matematis. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan koneksi matematis siswa dalam menyelesaikan soal persamaan trigonometri, kesahalan-kesalahan yang sering siswa lakukan, faktor penyebab dan juga cara meningkatkan kemampuan matematis siswa. Metode yang dilakukan merupakan metode deskriptif kualitatif dengan subjek penelitian kelas XI Mipa 2 di salah satu SMA yang ada di Yogyakarta. Adapun teknik pengambilan data dalam penelitian ini berupa teknik tes dan teknik non tes yang berupa wawancara. Instrumen yang digunakan adalah butir soal tes uraian koneksi matematis persamaan trigonometri dan pedoman wawancara. Teknik analisis data dilakukan dengan reduksi data, penyajian data, dan menarik kesimpulan. Adapun hasil dari rata-rata kemampuan koneksi matematis siswa berada di tingkat sedang yaitu dengan presentase sebanyak 55,56% dengan jumlah 20 siswa. Sedangkan siswa dengan kemampuan koneksi matematis tinggi sebanyak 16,67% dan siswa dengan kemampuan matematis rendah sebanyak 27,77%. Hal ini menunjukkan sebagian besar siswa mampu mengaitkan koneksi matematis siswa antar konsep/prinsip matematika maupun antar topik matematika. [Mathematics is one of the compulsory subjects in school. Most students consider mathematics a difficult lesson. This is because mathematics is an abstract subject. But behind the difficulties, studying mathematics has many benefits. One way is to build mathematical connections. This study aims to determine students' mathematical connection abilities in solving trigonometry equations, mistakes that students often make, causal factors and also ways to improve students' mathematical abilities. The method used is a qualitative descriptive method with research subjects in class XI Mipa 2 at one of the high schools in Yogyakarta. The data collection techniques in this study were in the form of test techniques and non-test techniques in the form of interviews. The instruments used were test items describing the mathematical connection of trigonometry equations and interview guidelines. Data analysis techniques were carried out by data reduction, data presentation, and drawing conclusions. The results of the average student mathematical connection ability are at a moderate level, namely with a percentage of 55.56% with a total of 20 students. While students with high mathematical connection abilities were 16.67% and students with low mathematical abilities were 27.77%. This shows that most students are able to relate students' mathematical connections between mathematical concepts/principles and between mathematical topics.]

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

FOURIER

Publisher

Subject

Computer Science & IT Economics, Econometrics & Finance Education Mathematics

Description

FOURIER adalah Jurnal Ilmiah bidang yang memadukan dan mengembangkan ilmu Matematika dan pembelajarannya yang diintegrasikan dan interkoneksikan dengan nilai-nilai keislaman terbit sejak tahun 2012 dengan frekuensi terbit 2 kali dalam setahun yang dengan bahasa utama (Bahasa Indonesia dan Bahasa ...