BIO-CONS: Jurnal Biologi dan Konservasi
Vol. 5 No. 1 (2023): BIO-CONS: Jurnal Biologi dan Konservasi

Pengaruh Self -Regulated Learning terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas IX Madrasah Tsanawiyah

Rizka Elan Fadilah (Unknown)
Firda Fadri (Universitas Jember)
Khofifatu Nurisya (MA Abdulloh Kediri)



Article Info

Publish Date
08 Jun 2023

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian ex-post facto. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Self-Regulated Learning terhadap hasil belajar IPA siswa kelas IX di salah satu Madrasah Tsanawiyah di Kabupaten Kediri. Sampel pada penelitian ini berjumlah 33 siswa kelas IX di Madrasah Tsanawiyah Kediri tahun ajaran 2022/2023. Teknik pengumpulan data menggunakan instrument kuesioner Self-Regulated Learning dan hasil belajar IPA. Data dalam penelitian ini dianalisis menggunakan statistic deskriptif dan statistic inferensial dengan menggunakan analisis regresi linear sederhana. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Self -Regulated Learning berpengaruh positif terhadap hasil belajar IPA siswa kelas IX Madrasah Tsanawiyah dengan pengaruh sebesar 68,9% .

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

biocons

Publisher

Subject

Agriculture, Biological Sciences & Forestry Decision Sciences, Operations Research & Management Education Energy

Description

BIO-CONS : Jurnal Biologi dan Konservasi, receiving and publishing article in the form of research (scientific article) in the field of biology and conservation education, also utilization of biological research in learning. Moreover, this journal bridges the gap between research and practice, ...