BIO-CONS: Jurnal Biologi dan Konservasi
Vol. 5 No. 1 (2023): BIO-CONS: Jurnal Biologi dan Konservasi

Pengaruh Media Aplikasi Peta Jelajah Identifikasi Tumbuhan pada Materi Tumbuhan Paku dan Tumbuhan Lumut terhadap Hasil Belajar Siswa

Haning Hasbiyati (Universitas Islam Jember)
Zulfa Habibah (Universitas Islam Jember)
Diah Sudiarti (Universitas Islam Jember)



Article Info

Publish Date
30 Jun 2023

Abstract

Hasil observasi yang telah di lakukan pada tanggal 21 Oktober 2021, wawancara dengan Guru Mata pelajaran IPA diperoleh informasi pembelajaran di dalam kelas menggunakan metode konvensional dengan media pembelajaran berupa buku LKS. Namun, penerapan media tersebut kurang maksimal dalam meningkatkan hasil belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh media aplikasi peta jelajah identifikasi tumbuhan pada materi tumbuhan paku dan lumut terhadap hasil belajar siswa kelas X di MA Ma’arif Ambulu tahun ajaran 2021/2022. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian quasi eksperimental design dengan responden sebanyak dua kelas. Pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling, sehingga peneliti mengambil kelas X IPA 1 yang dijadikan sebagai kelas eksperimen dan kelas X IPA 2 sebagai kelas kontrol. Pengambilan data dengan metode tes dan analisis data menggunakan uji Mann Whitney. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh kesimpulan bahwa terdapat pengaruh media aplikasi peta jelajah identifikasi tumbuhan terhadap hasil belajar siswa kelas X di MA Ma’arif Ambulu yang ditunjukkan dengan hasil uji hipotesis dinyatakan diterima dan nilai rata-rata hasil belajar siswa yaitu kelas eksperimen sebesar 49,8 lebih tinggi dari kelas kontrol.Penerapan media aplikasi peta jelajah identifikasi tumbuhan dapat meningkatkan hasil belajar siswa di kelas X di MA Ma’arif Ambulu. Hal itu terbukti dari hasil analisis data menggunakan uji Mann Whitney, dimana diperoleh nilai Asymp.Sig (2-tailed) sebesar 0,000 < 0,05, maka dapat dikatakan bahwa hipotesis diterima.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

biocons

Publisher

Subject

Agriculture, Biological Sciences & Forestry Decision Sciences, Operations Research & Management Education Energy

Description

BIO-CONS : Jurnal Biologi dan Konservasi, receiving and publishing article in the form of research (scientific article) in the field of biology and conservation education, also utilization of biological research in learning. Moreover, this journal bridges the gap between research and practice, ...