Jurnal Edukasi Biologi
Vol 5, No 5 (2016): Jurnal Prodi Pendidikan Biologi

KEMAMPUAN BERPIKIR DIVERGEN KETERAMPILAN PROSES SAINS SISWA SMA NEGERI KULON PROGO BERDASARKAN POTENSI SISWA

Fika Nur Hasanah (Unknown)
Bambang Subali (Unknown)
Paidi . (Unknown)



Article Info

Publish Date
01 Nov 2016

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan berpikir divergen peserta didik SMA Negeri di Kabupaten Kulon Progo dalam keterampilan proses sains ditinjau dari potensi peserta didik. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif, menggunakan metode survey. Pelaksanaan dimulai bulan Desember 2015 sampai dengan Maret 2016. Sampel penelitian yaitu sebagian peserta didik pada kelas X dan XI SMA Negeri di Kabupaten Kulon Progo yang diambil menggunakan puprosive sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan memberikan tes pada peserta didik, wawancara tidak terstruktur dan angket bagi guru, dan pengumpulan daftar nilai Ujian Nasional IPA SMP peserta didik. Data dianalisis dengan analisis diskriptif. Hasil penelitian mengemukakan bahwa kemampuan berpikir divergen dalam keterampilan proses sains peserta didik SMA Negeri di Kabupaten Kulon Progo termasuk sedang. Potensi peserta didik tidak berpengaruh terhadap kemampuan berpikir divergen. Variabel pengganggu seperti gender, lama guru mengajar, dan latar belakang pendidikan guru juga tidak berpengaruh bagi potensi peserta didik terhadap kemampuan berpikir divergennya. Kata kunci: berpikir divergen, keterampilan proses sains, potensi peserta didik

Copyrights © 2016






Journal Info

Abbrev

jeb

Publisher

Subject

Humanities Education Social Sciences

Description

Jurnal Edukasi Biologi merupakan jurnal yang dikelola dan diterbitkan oleh Program Studi Pendidikan Biologi, Departemen Pendidikan Biologi, FMIPA Universitas Negeri Yogyakarta. Jurnal ini menerbitakan artikel ilmiah hasil penelitian empiris dan hasil kajian analisis literatur di bidang pendidikan ...