Jurnal Edukasi Biologi
Vol 7, No 2 (2018): Jurnal Prodi Pendidikan Biologi

ANALISIS MISKONSEPSI PADA KONSEP SISTEM KEKEBALAN TUBUH DALAM BUKU AJAR BIOLOGI SMA DI YOGYAKARTA

Adimas Pandu Pribadi (Unknown)
Yuliati Yuliati (Unknown)
Heru Nur Cahyo (Unknown)



Article Info

Publish Date
07 Nov 2018

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui macam miskonsepsi dan persentase miskonsepsi pada konsep sistem kekebalan tubuh dalam buku ajar biologi SMA di Kota Yogyakarta. Penelitian ini merupakan penelitian analisis konten dengan populasi semua buku ajar biologi SMA kelas XI di Kota Yogyakarta yang menggunakan kurikulum 2013. Sampel sejumlah 3 buku ajar yang ditentukan dengan purposive sampling. Pengumpulan data dilakukan melalui lembar observasi teks yang digunakan pada penelitian sebelumnya yang dilakukan oleh Ahmad Naharuddin Ramadhan (2016) dan Maulana Malik Irsyad (2016) dan dimodifikasi untuk memuat konsep pada materi sistem kekebalan tubuh manusia. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ketiga buku ajar biologi memiliki rerata miskonsepsi 7,67%. Kategori miskonsepsi yang teridentifikasi pada ketiga buku ajar biologi adalah oversimplification (28,57%), misidentification (42,86%), undergeneralization (14,29%), overgeneralization (14,29%), dan tidak teridentifikasi kategori miskonsepsi obsolete concepts and terms (0%).Kata kunci: analisis konten, miskonsepsi, buku ajar SMA, sistem kekebalan tubuh

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

jeb

Publisher

Subject

Humanities Education Social Sciences

Description

Jurnal Edukasi Biologi merupakan jurnal yang dikelola dan diterbitkan oleh Program Studi Pendidikan Biologi, Departemen Pendidikan Biologi, FMIPA Universitas Negeri Yogyakarta. Jurnal ini menerbitakan artikel ilmiah hasil penelitian empiris dan hasil kajian analisis literatur di bidang pendidikan ...