Dirkantara Indonesia
Vol. 1 No. 1: Maret-Agustus 2022

Peran Media Sosial untuk Pemasaran Digital

Catur Rahayu Martiningtiyas (Universitas Trisakti)
Asep Hermawan (Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Trisakti, Indonesia)
Nuraini Chaniago (Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Trisakti, Indonesia)
Beta Oki Baliartati (Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Trisakti, Indonesia)
Nila Lestari (Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Trisakti, Indonesia)



Article Info

Publish Date
23 Aug 2022

Abstract

Transaksi bisnis melalui internet merupakan satu fenomena bisnis baru. Dari sisi finansial, pemasaran online sangat menjanjikan untuk peningkatan laba usaha. Pemberdayaan dan pengembangan Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) merupakan upaya yang ditempuh pemerintah Indonesia untuk mengatasi masalah pengangguran dan kemiskinan. Kehadiran covid-19 telah membuat situasi ekonomi diseluruh dunia memburuk. Hal ini memberikan dampak terhadap pelaku Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) di Indonesia tidak terkecuali para UMKM di kelurahan Tegal Alur, Kecamatan Kalideres. Kurangnya pemanfaatan media sosial di era digital saat ini menjadi kelemahan para UMKM di Kelurahan Tegal Alur. Solusi yang diusulkan dari program pengabdian kepada masyarakat berupa kegiatan pelatihan optimalisasi penggunaan perangkat smartphone dengan memanfaatkan media sosial sebagai media pemasaran dalam mendukung peluang usaha di masa pandemic Covid 19. Diharapkan kegiatan ini bertujuan untuk merubah pola pelaku usaha dari model pemasaran tradisional ke model pemasaran modern dengan memanfaatkan digital teknologi informasi, sehingga kegiatan usaha yang dilakukan mampu meningkatkan margin keuntungan, pangsa pasar yang semakin meluas, volume penjualan meningkat dan biaya pemasaran yang dapat diminimalkan.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

di

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance

Description

irkantara Indonesia is is published by PT. Cendekia Sapta Indonesia. Its a biannual refereed journal concerned with the practice and processes of community engagement. It provides a forum for academics, practitioners and community representatives to explore issues and reflect on practices relating ...