Pemilihan kepala daerah merupakan wujud dan mekanisme demokrasi di daerah Strategi komunikasi dan marketing politik berperan penting dalam kampanye pemilihan kepala daerah untuk mencapai tujuan organisasi politik. Penelitian ini bermaksud untuk mengetahui strategi marketing politik dari tim sukses pemenangan pasangan Safitri Malik Solissa dan Gerson Eliaser Selsily dalam melakukan kampaye politik. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif dengan menggunakan paradigma konstruktivis dan pendekatan studi kasus. Kampanye merupakan aktivitas komunikasi yang bertujuan merubah perilaku pemilih. Oleh karena itu, kampanye harus direncanakan sedemikian rupa dalam rangka mencapai target yang diagendakan, atau masa kampanye merupakan masa mengapikasikan strategi-strategi yang telah dirumuskan untuk mencapai target tersebut. Hasil penelitian menemukan, dalam pelaksanaan pilkada Kabupaten Buru Selatan Provinsi Maluku tahun 2020, tim sukses dari pasangan Safitri Malik Solissa dan Gerson Eliaser Selsily mengunakan strategi empat langkah yaitu ; 1). Segmentasi, 2). Targeting. 3). Positioning. 4). Branding, yang menunjukkan keberhasilan dalam penerapannya. Kata Kunci : Komunikasi Politik, Marketing Politik, Pilkada.
Copyrights © 2022