Jambura Journal of Administration and Public Service
Vol 3, No 2 (2023): Volume 3 Nomor 2 April 2023

Kualitas Pelayanan Berbasis E-Government Di Samsat Kota Gorontalo

Moh Galang Putra Valentino Jantu (Jurusan Administrasi Publik, Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Gorontalo)
Rosman Ilato (Jurusan Administrasi Publik, Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Gorontalo)
Zuchri Abdussamad (Jurusan Administrasi Publik, Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Gorontalo)



Article Info

Publish Date
15 Apr 2023

Abstract

ABSTRAK Tujuan pelaksanaan penelitian ini untuk mengetahui 1. Kualitas Pelayanan berbasis egovernment pada Kantor Samsat Kota Gorontalo. Dilihat dari apek: Tangibles, Reliability, Emphaty, Responsiviness, dan Assurance. 2. Faktor determinan kualitas pelayanan egovernment pada Kantor Samsat Kota Gorontalo. Dilihat dari aspek: Infrastruktur telekomunikasi, Kesiapan Sumber Daya Manusia, dan Perangkat hukum. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Informan penelitian berjumlah 7 (tujuh) orang. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data dilakukan dengan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil dari Penelitian ini adalah 1. Kualitas Pelayanan berbasis e-government di Kantor Samsat Kota Gorontalo sudah berjalan secara maksimal. fisik dari pelayanan e-samsat, pihak Samsat Kota Gorontalo sudah menyediakan bentuk fisik yang berupa sarana dan prasanan baik berupa alat pembatu elektronik atau alat tulis menulis dan juga alat tulis kantor yang disediakan dalam penunjang pelayanan e-samsat. atau empaty yang diberikan sangat mempengaruhi pelayanan e-government dalam hal ini adalah e-samsat. Hal ini tentunya sangat mendukung pelayanan e-government dapat terlaksana dengan baik karena pegawai yang bertugas dalam pemberian pelayanan merupakan faktor penunjang utama dalam merespon permasalahan yang ada di lapangan. Akan tetapi sumber daya manusia atau pengguna layanan e-samsat masih banyak yang kurang memahami bagaimana pelayanan berbasis elektronik, masyarakat masih beranggapan bahwa pembayaran pajak walaupun sudah dilaksanakan secara online tetapi masih harus ke kantor Samsat Kota Gorontalo untuk menyelesaikan pembayaran.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

jjaps

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal ini dimaksudkan sebagai forum komunikasi Administrasi Publik dan ilmuwan lain dari banyak praktisi yang menggunakan Manajemen Pelayanan Publik dan Kebijakan Publik dalam penelitian. Naskah artikel meliputi bidang Manajemen dan Pelayanan Publik; Kebijakan publik; Manajemen Kepemimpinan; ...