cover
Contact Name
Rustam Tohopi
Contact Email
jjapsap@ung.ac.id
Phone
+6281244474103
Journal Mail Official
rustam@ung.ac.id
Editorial Address
Jl. Jenderal Sudirman No 6 Kota Gorontalo KP 96128
Location
Kota gorontalo,
Gorontalo
INDONESIA
Jambura Journal of Administration and Public Service
ISSN : 27750515     EISSN : 27464857     DOI : -
Core Subject : Social,
Jurnal ini dimaksudkan sebagai forum komunikasi Administrasi Publik dan ilmuwan lain dari banyak praktisi yang menggunakan Manajemen Pelayanan Publik dan Kebijakan Publik dalam penelitian. Naskah artikel meliputi bidang Manajemen dan Pelayanan Publik; Kebijakan publik; Manajemen Kepemimpinan; Reformasi dan Inovasi; Organisasi dan Sumber Daya Manusia; E-Government; Etika Birokrasi; Etika Organisasi; dan Manajemen Kinerja.
Articles 56 Documents
Implementasi Inovasi Samsat Delivery Dalam Meningkatkan Mutu Pelayanan Publik Pada Kantor Bersama Samsat Merauke Eka Safitri; Maria M Reginaldis; Nelly F. M. L. Dumatubun
Jambura Journal of Administration and Public Service Vol 2, No 1 (2021): Volume 2 Nomor 1 Oktober 2021
Publisher : Gorontalo State University

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.37479/jjaps.v2i1.11876

Abstract

Abstrak Penelitian ini bertujuan untuk Mengetahui dan menganalisa Implementasi Inovasi Samsat Delivery dalam Meningkatkan Mutu Pelayanan Publik pada Kantor Bersama SAMSAT Merauke dan Mengetahui dan menganalisa dukungan dan hambatan dalam pelayanan Inovasi SAMSAT Delivery. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif dengan teknik pengumpulan data berupa wawancara, observasi, dokumentasi dan studi kepustakaan dengan pendekatan deskriptif kualitatif. Metode analisis yang digunakan adalah model interaktif menurut Miles dan Huberman dengan partisipan yang berjumlah 2 orang. Hasil penelitian menunjukan semua hal yang berkenaan dengan pelayanan SAMSAT Delivery seperti prosedur pelayanan diinformasikan dengan jelas. Informasi atau penjelasan tentang inovasi pelayanan SAMSAT Delivery disampaikan secara konsisten oleh petugas/pegawai Kantor SAMSAT dalam menyampaikan Inovasi SAMSAT Delivery sesuai dengan apa yang telah ditetapkan atau tertuang dalam kebijakan tersebut yang berkenaan dengan pelaksanaan Inovasi SAMSAT Delivery di Kantor SAMSAT Kabupaten Merauke. Inovasi ini juga didukung oleh sumberdaya yang cukup tetapi masih kurangnya petugas dan kurangnya kejelasan SOP. Faktor pendukung dalam Inovasi SAMSAT Delivery antara lain sarana prasarana sedangkan yang menajdi faktor penghambat antara lain jumlah pegawai yang tersedia, cuaca yang tidak mendukung, wajib pajak yang susah dihubungi, kendaraan yang rusak, jarak pelayanan dan jaringan internet.
Kualitas Pelayanan Berbasis E-Government Di Samsat Kota Gorontalo Moh Galang Putra Valentino Jantu; Rosman Ilato; Zuchri Abdussamad
Jambura Journal of Administration and Public Service Vol 3, No 2 (2023): Volume 3 Nomor 2 April 2023
Publisher : Gorontalo State University

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.37479/jjaps.v3i2.19439

Abstract

ABSTRAK Tujuan pelaksanaan penelitian ini untuk mengetahui 1. Kualitas Pelayanan berbasis egovernment pada Kantor Samsat Kota Gorontalo. Dilihat dari apek: Tangibles, Reliability, Emphaty, Responsiviness, dan Assurance. 2. Faktor determinan kualitas pelayanan egovernment pada Kantor Samsat Kota Gorontalo. Dilihat dari aspek: Infrastruktur telekomunikasi, Kesiapan Sumber Daya Manusia, dan Perangkat hukum. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Informan penelitian berjumlah 7 (tujuh) orang. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data dilakukan dengan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil dari Penelitian ini adalah 1. Kualitas Pelayanan berbasis e-government di Kantor Samsat Kota Gorontalo sudah berjalan secara maksimal. fisik dari pelayanan e-samsat, pihak Samsat Kota Gorontalo sudah menyediakan bentuk fisik yang berupa sarana dan prasanan baik berupa alat pembatu elektronik atau alat tulis menulis dan juga alat tulis kantor yang disediakan dalam penunjang pelayanan e-samsat. atau empaty yang diberikan sangat mempengaruhi pelayanan e-government dalam hal ini adalah e-samsat. Hal ini tentunya sangat mendukung pelayanan e-government dapat terlaksana dengan baik karena pegawai yang bertugas dalam pemberian pelayanan merupakan faktor penunjang utama dalam merespon permasalahan yang ada di lapangan. Akan tetapi sumber daya manusia atau pengguna layanan e-samsat masih banyak yang kurang memahami bagaimana pelayanan berbasis elektronik, masyarakat masih beranggapan bahwa pembayaran pajak walaupun sudah dilaksanakan secara online tetapi masih harus ke kantor Samsat Kota Gorontalo untuk menyelesaikan pembayaran.
Implementasi Peraturan Menteri Kesehatan Republik Indonesia Nomor 736/Menkes/Per/Vi/2010 Tentang Tata Laksana Pengawasan Kualitas Air Minum (Studi pada pengawasan kualitas depot air minum isi ulang di Kecamatan Kolaka) Taslim Fait; Anis Ribcalia Septiana
Jambura Journal of Administration and Public Service Vol 1, No 2 (2021): Volume 1 Nomor 2 April 2021
Publisher : Gorontalo State University

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.37479/jjaps.v1i2.11280

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian Jenis penelitian deskriptif kualitatif. Dalam penelitian ini informan terdiri dari 12 orang. Teknik pengumpulan data adalah observasi langsung, wawancara langsung, adapun analisis data yang digunakan Reduksi Data, penyajian Data, Menarik Kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa implementasi Peraturan Menteri Kesehatan Republik Indonesia Nomor 736/menkes/per/VI/2010 Tentang tata laksana pengawasan kualitas air minum (studi pada pengawasan kualitas depot air minum isi ulang) belum maksimal dan belum optimal serta masih banyak kekurangan yang perlu diperbaiki. Hal ini dipengaruhi oleh beberapa faktor antara lain adalah standar dan sasaran kebijakan belum jelas dan terukur, sehingga banyak menimbulkan multiinprestasi baik dari pihak agen pelaksana maupun dari pihak masyarakat, sumber daya sudah cukup memadai, hal ini dapat dilihat dari adanya fasilitas laboratorium, namun masih kurang dalam hal pengawasan, komunikasi antar agen pelaksana dan penguatan aktifitas telah dikomunikasikan dengan baik oleh pihak terkait, kondisi sosial ekonomi dapat dilihat dari dukungan masyarakat, pihak swasta serta pengusaha yang menjadi sasaran kebijakan.
Pengaruh Pendidikan Dan Pelatihan (DIKLAT) Terhadap Kinerja Pegawai Di Dinas Tenaga Kerja Dan Transmigrasi Kabupaten Gorontalo Darminto Abuba; Yacob Noho Nani; Romy Tantu
Jambura Journal of Administration and Public Service Vol 3, No 1 (2022): Volume 3 Nomor 1 Oktober 2022
Publisher : Gorontalo State University

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.37479/jjaps.v3i1.16934

Abstract

Penelitian yang menggambarkan seberapa besar pengaruh Pendidikan dan Pelatihan (DIKLAT) terhadap kinerja pegawai yang ada di Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Kabupaten Gorontalo. Metode penelitian ini menggunakan metode crosssectional dengan teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi dan kuesioner. Adapaun penarikan sampel dalam penelitian ini peneiliti menggunakan teknik samping jenuh, dimana sampel dalam penelitian ini berjumlah 50 orang pegawai. Jenis data dalam penelitian ini adalah data primer dengan teknik yang digunakan adalah analisis regresi sederhana. Hasil uji analisis regresi menunjukan bahwa terdapat Pengaruh Pendidikan dan Pelatihan (DIKLAT) Terhadap Kinerja Pegawai di Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Kabupaten Gorontalo. Hasil analisis tersebut didukung oleh hasil analisis uji hipotesis dimana diperoleh nilai koefisien korelasi yang sedang antara kedua variabel dimana nilai r = 450 dengan derajat determinasi sebesar 0,203 atau 20,3% dimana kinerja pegawai dipengaruhi oleh pendidikan dan pelatihan (DIKLAT) sebesar 20,3% dan sisanya 79,7% dipengaruhi oleh variabel yang tidak diteliti.. Selanjutnya dilakukan uji signifikansi koefisien korelasi yang menunjukan nilai tHitung 3,493 > tTabel 2,010 pada taraf signifikansi 95%. Hasil analisa tersebut menunjukan bahwa pendidikan dan pelatihan (DIKLAT) mempunyai pengaruh terhadap kinerja pegawai. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa pendidikan dan pelatihan (DIKLAT) berpengaruh terhadap kinerja pegawai di Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Kabupaten Gorontalo.
Transparansi Pengelolaan Dana Desa di Kecamatan Lemito Kabupaten Pohuwato Pebriyanto Azis Hulinggi; Ismet Sulila; Rustam Tohopi
Jambura Journal of Administration and Public Service Vol 1, No 1 (2020): Volume 1 nomor 1 Oktober 2020
Publisher : Gorontalo State University

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.37479/jjaps.v1i1.7320

Abstract

Pelayanan Publik Program E-Samsat Di Kantor Samsat Kota Gororntalo Rizcha Mayanti Paera; Rosman Ilato; Zuchri Abdussamad
Jambura Journal of Administration and Public Service Vol 2, No 2 (2022): Volume 2 Nomor 2 (2022)
Publisher : Gorontalo State University

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.37479/jjaps.v2i2.16407

Abstract

ABSTRACT This study aims to determine (1) the principles of public service for the E-samsat program in Gorontalo City. (2) The determinants of public services for the E-samsat program at the Gorontalo City Samsat office are viewed from the aspects of communication, human resources, disposition, and bureaucracy. This research method uses qualitative research methods with descriptive type using data analysis techniques from collecting, reducing, presenting data, and drawing conclusions. Based on the results of research which were analyzed in the field that (1) Judging from the principles of service, this program has not been able to improve services at the SAMSAT office because of several problems in the system and public knowledge is still minimal in the use of E-samsat. (2) judging from the determinants of public services, the E-samsat program at the Gorontalo City SAMSAT office has started to run well, it just needs some improvements in terms of resources so that the program can run well.
Pengelolaan Keramba Budidaya Ikan Masyarakat Pesisir Di Dusun Wael Kecamatan Piru Kabupaten Seram Bagian Barat Ali Hadi La Dimuru
Jambura Journal of Administration and Public Service Vol 3, No 2 (2023): Volume 3 Nomor 2 April 2023
Publisher : Gorontalo State University

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.37479/jjaps.v3i2.19440

Abstract

ABSTRAK Era globalisasi saat ini, setiap negara dituntut untuk menjadikan kondisi kehidupan ekonominya menjadi semakin efektif, efisien, dan kompetitif. Indonesia merupakan sebuah negara berkembang yang terus mengupayakan pembangunan dalam segala bidang. Tujuan dari pembangunan itu sendiri adalah untuk memperbaiki dan meningkatkan tingkat kesejahteraan masyarakatnya, serta untuk menciptakan inovasi di dalam masyarakat salah satunya melalui pembangunan wilayah pesisir yang memiliki kekayaan sumber daya alam yang melimpah, karena didukung oleh adanya ekosistem dan sumber daya alam hayati, di mana ekosistem dan sumber daya alam tersebut dapat memberikan kontribusi bagi peningkatan taraf hidup termasuk masyarakat yang tinggal di wilayah pesisir. Masyarakat pesisir sebagai kelompok orang yang tinggal di daerah pesisir dan sumber kehidupan perekonomiannya bergantung secara langsung pada pemanfaatan sumberdaya laut dan pesisir. Adapun fokus penelitian ini adalah pengelolaan keramba budidaya ikan masyarakat pesisir di Dusun Wael Kecamatan Piru Kabupaten Seram Bagian Barat. Penelitian ini menggunakan deskriptif dengan sumber data adalah data primer dan data sekunder dengan teknik pengumpulan data berupa wawancara dan observasi, teknik analisis data yang digunakan adalah mendeskripsikan data penelitian sesuai variabel yang akan diteliti.
PEMBERDAYAAN MASYARAKAT DESA DALAM IMPLEMENTASI UU DESA DI DESA BONGOHULAWA KABUPATEN BONE BOLANGO Swastiani Dunggio; Rahmat Nur Hasania
Jambura Journal of Administration and Public Service Vol 2, No 1 (2021): Volume 2 Nomor 1 Oktober 2021
Publisher : Gorontalo State University

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.37479/jjaps.v2i1.11877

Abstract

ABSTRAK Lembaga Pemberdayaan Masyarakat dipakai sebagai pengganti nama Lembaga Ketahan Masyarakat Desa. Sebagaimana sudah tertuang dalam Undang-undang tentang Desa nomor 6 tahun 2014 dimana maksud daripada pasal 1 bahwa desa merupakan kesatuan masyarakat hukum dimana memiliki batas-batas wilayah yang memiliki wewenang untuk mengatur dan mengurus sistem pemerintahan, adanya kepentingan masyarakat desa, hak-hak tradisional yang sudah diakui dan dihormati dalam pemerintahan Negara Kesatuan Republik Indonesia. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa jauh pemberdayaan masyarakat desa di desa Bongohulawa Kecamatan Tilongkabila Kabupaten Bone Bolango dalam mengimplementasikan UU Desa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif karena data yang terkumpul dan analisanya lebih bersifat kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa masih kurangnya peran aktif Lembaga Pemberdayaan Masyarakat Desa dalam implemetasi Undang-Undang Desa menuju kemandirian untuk mensejahterakan masyarakat. Adapun faktor penghambat program-program LPM adalah kurangnya partisipasi dari LPM untuk masyarakat, kecemburuan sosial antara anggota serta kurangnya komunikasi sesama anggotanya.
Kualitas Pelayanan Administrasi Perpajakan Kenderaan Bermotor Pada Kantor Samsat Kabupaten Bone Bolango Rukiah Nggilu
Jambura Journal of Administration and Public Service Vol 1, No 2 (2021): Volume 1 Nomor 2 April 2021
Publisher : Gorontalo State University

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.37479/jjaps.v1i2.11281

Abstract

Kualitas Pelayanan Administrasi Perpajakan Kenderaan Bermotor Pada Kantor Samsat Kabupaten Bone Bolango. Dalam penelitian peneliti melihat bagaimana kualitas pelayanan secara administrasi yang berhubungan dengan pajak kendaraan roda dua Pada Kantor Samsat Kabupaten Bone Bolango. Jenis penelitian menggunakana deskriptif kualitatif. Teknik yang digunakan yaitu melakukan observasi, wawancara, dan analisis yang digunakan dimana dengan melakukan reduksi data, penyajian data, kemduian penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kualitas pelayanan pajak kenderaan bermotor dilihat dari dimensi kualitas berupa tangibles, daya tanggap, kehandalan, dan jaminan sudah baik. Namun untuk dimensi empati masih belum optimal. Salah satu indikator untuk menilai empati aparat atau petugas dalam suatu instansi penyedia layanan adalah dengan memahami masyarakat atau pelanggan sebagai obyek pelayanan. Adapun temuan dimana masih ada kesan kurang nyaman yang dirasakan masyarakat penerima layanan. Sikap petugas yang terkesan pilih kasih dalam memberikan pelayanan kepada orang atau wajib pajak yang dikenal, kurang memahami kebutuhan wajib pajak dalam memperoleh informasi lebih tentang perhitungan biaya pajak, serta sikap kurang menghargai masih sering dirasakan oleh penerima layanan.
Kinerja Pegawai Dalam Pengelolaan Barang Milik Negara Di Badan Pengelola Keuangan Dan Aset Daerah Provinsi Maluku Petronela Sahetapy
Jambura Journal of Administration and Public Service Vol 3, No 1 (2022): Volume 3 Nomor 1 Oktober 2022
Publisher : Gorontalo State University

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.37479/jjaps.v3i1.16935

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif yang bertujuan untuk mengetahui kinerja pegawai dalam pengelolaan barang milik negara di Badan Pengelola Keuangan dan Aset Daerah Provinsi Maluku. Penelitian ini dilaksanakan di Badan Pengelola Keuangan dan Aset Daerah Provinsi Maluku. Pengambilan data primer dilakukan melalui daftar pertanyaan kepada sejumlah responden yang terlibat secara langsung berkaitan dengan penelitian tentang Kinerja Pegawai Dalam Pengelolaan Barang Milik Negara di Badan Pengelola Keuangan dan Aset Daerah Provinsi Maluku. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1). Transparansi: keterbukaan pegawai dalam pengelolaan barang milik negara yang meliputi kegiatan pengadaan, kegiatan penentuan siapa pihak (pejabat) yang menggunakan barang milik negara tersebut, maupun kegiatan penghapusan barang milik negara yang diperuntukkan bagi operasional tugas, belum mencapai kinerja yang baik, dan berada pada posisi sedang, dimana berdasarkan data yang diperoleh dari ke 27 orang responden dalam menjawab ketiga peranyaan, menunjukkan transparansi dalam pengelolaan barang milik negara adalah cukup, yaitu sebesar 47,41% dan berdasarkan pedoman analisis berada pada interval 40%-60% dan tergolong cukup. 2). Efisiensi: efisiensi pegawai dalam pengelolaan barang milik negara yang meliputi kegiatan pengadaan, penggunaan, maupun penghapusannya belum mencapai kinerja yang baik dan berada pada posisi sedang, dimana berdasarkan data yang diperoleh, menunjukkan efisiensi dalam pengelolaan barang milik negara adalah cukup, yaitu sebesar 52,84% dan berdasarkan pedoman analisis berada pada interval 40%-60% dan tergolong cukup. 3). Akuntabilitas: akuntabilitas pegawai dalam pengelolaan barang milik negara yang meliputi kegiatan pengadaan, penggunaan maupun penghapusannya, berada pada posisi sedang, dimana berdasarkan data yang diperoleh menunjukkan akuntabilitas dalam pengelolaan barang milik negara adalah cukup, yaitu sebesar 46,91% dan berdasarkan pedoman analisis berada pada interval 40% - 60% dan tergolong cukup.