ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) Profesionalitas Aparatur dalam Penyelenggaraan Pelayanan publik pada Kantor Kecamatan Batudaka Kabupaten Tojo UnaUna dan (2) faktor pendukung Profesionalitas Aparatur dalam Penyelenggaraan Pelayanan publik pada Kantor Kecamatan Batudaka Kabupaten Tojo Una-Una. Metode Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif kualitatif, sedangkan teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik wawancara, teknik observasi, dan teknik dokumenter. Berdasarkan hasil penelitian yang dianalisa di lapangan bahwa (1) Profesionalitas Aparatur dalam Penyelenggaraan Pelayanan publik pada Kantor Kecamatan Batudaka Kabupaten Tojo Una-Una. Dalam Pemerintah Kecamatan Batudaka sangat bertanggungjawab dan mereka sangat antusias dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat. Para aparatur Kecamatan Batudaka selalu berusaha dan berupaya agar kemudian pelayanan kepada masyarakat selalu cepat dan baik dalam layanannya. (2) Faktor pendukung Profesionalitas Aparatur dalam Penyelenggaraan Pelayanan publik pada Kantor Kecamatan Batudaka Kabupaten Tojo Una-Una diantaranya (a) Performance, (b) akuntabilitas, (c) Loyalitas Pegawai dan (d) Kemampuan aparatur pegawai. Faktor-faktor ini sangat menetukan pelayanan yang ada di Kantor Camat Batudaka dikarenakan masyarakat yang membutuhkan layanan harus cepat dan tidak memakan waktu lama dikarenakan sistem pelayanan yang ada sudah menggunakan teknologi tentunya sudah lebih mudah dan cepat. Dan aparatur sudah menguasai dan bisa mengoperasikan teknologi sebagai alat bantu dalam pelayanan kepada msasyarakat.
Copyrights © 2023