Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya disiplin belajar dan hasil belajar siswa, yang dirumuskan sebagai berikut 1) Bagaimana penerapan metode pembelajaran Mind mapping berbasis pendekatan Lesson learned dalam meningkatkan disiplin dan hasil belajar siswa kelas V SD Negeri Kapasa Kota Makassar? 2) Bagaimana peningkatan disiplin dan hasil belajar setelah diterapkan metode pembelajaran Mind mapping pada siswa kelas V SD Negeri Kapasa Kota Makassar?. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas yang terdiri dari II siklus. Lokasi penelitian bertempat di UPT SPF SD Negeri Kapasa, dengan subyek penelitian yaitu siswa kelas VB yang berjumlah 33 siswa, Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Februari sampai bulan Maret 2023. Insturmen yang digunakan yaitu lembar observasi, tes hasil belajar dan dokumentasi. Teknik analisis data pada penelitian ini yaitu dengan menggunakan analisis statistik deskriptif. Hasil analisis data siklus I yang menunjukkan persentase aktivitas mengajar guru yaitu 82% dan persentase disiplin belajar siswa yaitu 64%. Hasil belajar siswa memperoleh rata-rata nilai 74,3, presentase ketuntasan sebesar 54,5% atau kategori cukup, sehingga capaian siklus I belum memenuhi indikator keberhasilan yakni 80% yang tuntas dan dilanjutkan ke siklus II. Pada Siklus II mengalami peningkatan, persentase hasil mengajar guru yaitu 98% kategori sangat baik dan persentase disiplin belajar siswa yaitu 82% dengan kategori baik. Hasil belajar memproleh rata-rata nilai 89,9 dengan presentase 87,8% atau kategori tinggi. Capaian siklus II telah memenuhi indikator keberhasilan yakni 80% tuntas, jadi tidak dilanjutkan ke siklus berikutnya. Penelitian ini dapat disimpulkan bahwa penerapan metode pembelajaran Mind mapping berbasis pendekatan Lesson learned dapat meningkatkan disiplin dan hasil belajar siswa.
Copyrights © 2023