G-Tech : Jurnal Teknologi Terapan
Vol 7 No 3 (2023): G-Tech, Vol. 7 No. 3 Juli 2023

Implementasi CRM (Customer Relationship Management) pada Sistem Informasi Penjualan Sembako di Toko Amaliah Pasar Panji Situbondo

Faiqotur Riski (Universitas Ibrahimy, Indonesia)
Abd. Ghofur (Universitas Ibrahimy, Indonesia)
Nur Azise (Universitas Ibrahimy, Indonesia)



Article Info

Publish Date
04 Jul 2023

Abstract

Toko Amaliah bergerak dalam bidang penjualan sembako yang berlokasi di Pasar Panji Situbondo. Saat ini sistem penjualan yang digunakan masih menggunakan cara sederhana yaitu melayani langsung para pelanggan tanpa adanya pemesanan khusus pelanggan dan tidak ada pembeda antara pelanggan dan konsumen yakni mendatangi toko langsung. Tujuan dibuatnya sistem untuk memberikan kemudahan saat memasarkan barang dagangan secara online dan menerapkan CRM, sehingga pelanggan dengan mudah melakukan pemesanan di platform pemesanan online sekaligus menerapkan CRM dengan memberikan informasi diskon dan ucapan hari penting pada pelanggan dengan mengirimkan notifikasi pada WhatsApp pelanggan. Sistem ini menggunakan metode SDLC. Hasil penelitian yakni sistem dapat mempermudah proses pemesanan dan promosi pada pelanggan serta penerapan CRM dapat memperkokoh hubungan dengan pelanggan dan memberikan informasi kepada pelanggan serta meningkatkan kualitas pelayanan pada pelanggan.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

g-tech

Publisher

Subject

Computer Science & IT Decision Sciences, Operations Research & Management Energy Engineering

Description

Jurnal G-Tech bertujuan untuk mempublikasikan hasil penelitian asli dan review hasil penelitian tentang teknologi dan terapan pada ruang lingkup keteknikan meliputi teknik mesin, teknik elektro, teknik informatika, sistem informasi, agroteknologi, ...