Buletin Ilmiah Pendidikan
Vol. 1 No. 2 (2022)

Penguatan Karakter Toleransi Melalui Budaya Sekolah

Zeesiska Nur (Universitas Muhammadiyah Purworejo)
Rintis Rizkia Pangestika (Universitas Muhammadiyah Purworejo)



Article Info

Publish Date
30 Dec 2022

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menemukan tentang bentuk-bentuk penguatan karakter toleransi melalui budaya sekolah di SD. Penelitian ini dilatarbelakangi dengan adanya perbedaan keyakinan antara siswa dengan gurunya. Toleransi merupakan sifat atau sikap menenggang (menghargai, membiarkan, memperbolehkan) pendapat, pandangan, kepercayaan, kebiasaan, kelakuan dan sesuatu yang berbeda dari pendirian dirinya sendiri. Budaya sekolah adalah tradisi, keyakinan dan norma-norma yang ada disekolah yang dapat dipelihara, dibentuk, diperkuat melalui semua warga sekolah baik pihak guru maupun siswa.Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis riset fenomenologis dan subjeknya yaitu siswa kelas V SD.Pada proses pengumpulaan data, peneliti menggunakan metode observasi, dokumentasi dan wawancara.Teknik analisis data yang digunakan adalah reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan, untuk menguji keabsahan data digunakan uji kredibilitas dengan triangulasi sumber. Hasil penelitian yang sudah saya lakukan bahwa SD menguatkan karakter toleransi peserta didiknya melalui budaya sekolah dengan cara pembiasaan, keterlibatan berbagai pihak dan branding sekolah.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

bip

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

Buletin Ilmiah Pendidikan (BIP), with ISSN 2964-5506, is open access and peer-reviewed scholarly journal published Papanda. This Journal is published twice a year. This publication is available online through open access. The purpose of this journal publication is to disseminate new theories and ...