Penelitian ini bertujuan untuk menemukan tentang bentuk-bentuk penguatan karakter toleransi melalui budaya sekolah di SD. Penelitian ini dilatarbelakangi dengan adanya perbedaan keyakinan antara siswa dengan gurunya. Toleransi merupakan sifat atau sikap menenggang (menghargai, membiarkan, memperbolehkan) pendapat, pandangan, kepercayaan, kebiasaan, kelakuan dan sesuatu yang berbeda dari pendirian dirinya sendiri. Budaya sekolah adalah tradisi, keyakinan dan norma-norma yang ada disekolah yang dapat dipelihara, dibentuk, diperkuat melalui semua warga sekolah baik pihak guru maupun siswa.Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis riset fenomenologis dan subjeknya yaitu siswa kelas V SD.Pada proses pengumpulaan data, peneliti menggunakan metode observasi, dokumentasi dan wawancara.Teknik analisis data yang digunakan adalah reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan, untuk menguji keabsahan data digunakan uji kredibilitas dengan triangulasi sumber. Hasil penelitian yang sudah saya lakukan bahwa SD menguatkan karakter toleransi peserta didiknya melalui budaya sekolah dengan cara pembiasaan, keterlibatan berbagai pihak dan branding sekolah.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2022