Afeksi: Jurnal Penelitian dan Evaluasi Pendidikan
Vol 4, No 4 (2023)

PEMBELAJARAN IPA BERBASIS ASYNCHRONOUS LEARNING PADA MATERI TATA SURYA DI SD ISLAM KURMA SALATIGA

Indah Aulia Nisa (Universitas Islam Negeri Salatiga)
Erna Risfaula Kusumawati (Universitas Islam Negeri Salatiga)



Article Info

Publish Date
12 Jul 2023

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui pembelajaran yang dilakukan oleh pendidik kelas VI di SD Islam Kurma Salatiga dalam menyampaikan sebuah informasi pengetahuan berbasis asynchronous learning terkait materi tata surya kepada peserta didik. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan datanya melalui wawancara dan observasi tidak langsung. Sumber data yang digunakan adalah sumber data primer dan sumber data sekunder berupa notulensi. Analisis data menggunakan content analysis. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pendidik sudah melakukan inovasi terkait dengan penerapan bahan ajar, sebelum pandemi pendidik menggunakan buku pegangan siswa dan setelah pandemi bertranformasi menjadi e-book. Selain itu, media pembelajaran yang digunakan turut berkembang dari alat peraga menjadi video pembelajaran. Dampak penerapan bahan ajar dan media pembelajaran membawa dampak positif sekaligus negatif. Dampak positifnya adalah pembelajaran semakin bervariasi dan modern, sedangkan dampak negatifnya peserta didik merasa bosan ketika harus mengamati video pembelajaran selama masa pandemi sebagai sarana asynchronous learning.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

afeksi

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Social Sciences Other

Description

Afeksi: Jurnal Penelitian dan Evaluasi Pendidikan is one of the media for dissemination of information research results in the field of education which aims to communicate the various results of studies that can serve as the basis of scientific development to create educational innovation that ...