Journal of Classroom Action Research
Vol. 5 No. SpecialIssue (2023): Mei

Pengaruh Pendekatan Problem Posing Terhadap Motivasi Dan Hasil Belajar Peserta Didik

Hafizotul Wahyi (Unknown)
Muhammad Turmuzi (Unknown)
Ratna Yulis Tyaningsih (Unknown)
Syahrul Azmi (Unknown)



Article Info

Publish Date
17 Jul 2023

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar matematika peserta didik kelas VII SMP Negeri 2 Pringgasela tahun ajaran 2022/2023 dengan menerapkan pendekatan problem posing di kelas. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan penelitian kuantitatif. Subjek dalam penelitian berjumlah 56 orang yang terdiri dari 28 peserta didik pada kelas VII A dan 28 peserta didik pada kelas VII B. Metode pengumpulan data yang digunakan pada penelitian ini adalah angket motivasi belajar peserta didik dan soal tes hasil belajar peserta didik. Teknik analisis data pada penelitian ini menggunakan analisis N-Gain dan uji hipotesis dengan menggunakan Paired Samples T Test dan uji ANOVA dengan langkah-langkah menentukan formulasi hipotesis, memntukan taraf nyata, menentukan kriteria pengujian, dan membuat kesimpulan. Hasil analisis data menunjukkan: 1) terdapat perbedaan yang signifikan terhadap motivasi belajar peserta didik dimana motivasi belajar pada kelas eskperimen lebih tinggi dibandingkan dengan kelas kontrol tetap dengan nilai peningkatan sebesar 0,010 pada kelas kontrol tetap dan nilai peningkatan sebesar 0,33 pada kelas eksperimen; 2) terdapat perbedaan yang signifikan terhadap hasil belajar peserta didik dimana hasil belajar pada kelas eskperimen lebih tinggi dibandingkan dengan kelas kontrol tetap dengan nilai peningkatan sebesar 0,40 pada kelas kontrol tetap dan nilai peningkatan sebesar 0, 48 pada kelas eksperimen 3) terdapat pengaruh penerapan problem posing terhadap motivasi dan hasil belajar peserta didik kelas VII SMP Negeri 2 Pringgasela dengan taraf signifikansi sebesar 0,000 atau > 0,05;

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

jcar

Publisher

Subject

Education Other

Description

Journal of Classroom Action Reseach (Jurnal Penelitian Tindakan kelas) e-ISSN:2656-2340 , p-ISSN: 2656-3460 adalah jurnal yang memuat artikel hasil penelitian-penelitian kelas baik dari kalangan guru, dosen, maupun dari hasil penelitian mahasiswa. Journal of Classroom Action Reseach merupakan salah ...