Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh gambaran secara faktual mengenai realitas pelaksanaan pendidikan multikultural di SMAN 1 Purwokerto. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif analitik dengan pendekatan kualitatif. Penelitian ini memperoleh beberapa hasil yaitu; 1) keberagaman yang terdapat di SMA Negeri 1 Purwokerto merupakan suatu modal keberagaman yang harus terus dibina melalui pelaksanaan pendidikan multikultural. 2) Persepsi warga sekolah terhadap pelaksanaan pendidikan multikultural akan sangat menentukan kesanggupan mereka untuk terlibat dan berpartisipasi secara aktif dalam pelaksanaan pendidikan multikultural secara berkesinambungan. 3) Penerapan pendidikan multikultural di sekolah harus dapat melibatkan seluruh elemen sekolah dan dapat dilaksanakan melalui pengkondisian kebijakan sekolah yang mengarah pada penciptaan lingkungan sekolah yang kondusif bagi terlaksananya pendidikan multikultural. Kesimpulan dari penelitian ini adalah pendidikan multikultural sangat penting untuk dilaksanakan di sekolah baik melalui pembelajaran di kelas maupun diluar kelas dengan dukungan kebijakan dan seluruh elemen sekolah. Kata Kunci : Pendidikan Multikultural, Sekolah.
Copyrights © 2015