Education Journal: Journal Educational Research and Development
Vol. 7 No. 2 (2023)

PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN HYBRID LEARNING BERBANTUAN FLIPBOOK TERHADAP KEMANDIRIAN BELAJAR DAN HASIL BELAJAR

Wulandari, Sasi Suci (Unknown)
Kantun, Sri (Unknown)
Tiara, Tiara (Unknown)



Article Info

Publish Date
09 Jan 2024

Abstract

Salah satu faktor yang penting bagi guru dalam menjalankan pembelajaran yang efektif adalah mengembangkan kemandirian belajar siswa, karena hal ini dapat meningkatkan hasil belajar mereka. Oleh karena itu, diperlukan penggunaan model pembelajaran dan media pembelajaran yang menarik, seperti model hybrid learning dengan dukungan flipbook. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penggunaan model hybrid leanring berbantuan flipbook terhadap kemandirian belajar dan hasil belajar siswa. Penelitian ini menggunakan desain quasi eksperimen dengan desain nonequivalent control group design. Sampel penelitian diambil dengan menggunakan metode purposive sampling. Pengumpulan data dilakukan melalui penggunaan angket, tes, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data dilukakan menggunakan uji independent sample t-test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (a) terdapat pengaruh yang signifikan dari penggunaan model hybrid learning terhadap kemandirian belajar siswa, dengan nilai signifikansi sebesar 0,000, dan (b) terdapat pengaruh yang signifikan dari penggunaan model hybrid learning berbantuan flipbook terhadap hasil belajar siswa, dengan nilai signifikansi sebesar 0,012. Sebagai rekomendasi, disarankan sekolah meningkatkan kualitas fasilitas dengan memperluas jangkauan wi-fi, terutama di area yang jauh dari pusat jaringan wi-fi, untuk memfasilitasi kelancaran pembelajaran dalam kelas tersebut.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

ej

Publisher

Subject

Education Other

Description

Education Journal: Journal Educational Research and Development is a scientific journal managed by LPPM Universitas PGRI Argopuro Jember intended to disseminate the results of scientific works that have been made by lecturers, teachers, alumni and experts. In addition, the scientific journal is ...