Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan komunikasi matematis mahasiswa semester IV kelas A Program Studi Pendidikan Matematika, Universitas Muhammadiyah Purwokerto tahun akademik 2014/2015 pada mata kuliah Geometri Transformasi dengan media berbantu program geogebra. Penelitian ini termasuk dalam penelitian tindakan kelas yang meliputi tahapan perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Analisis data yang digunakan yaitu menggunakan analisis deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran menggunakan media geogebra berhasil untuk meningkatkan kemampuan komunikasi matematis mahasiswa. Peningkatan ini terlihat dari hasil observasi dan angket mahasiswa. Rata-rata peningkatan kemampuan komunikasi lisan dari siklus I ke III yaitu sebesar 0,15, sedangkan rata-rata peningkatan kemampuan komunikasi tertulis dari siklus I ke III yaitu 0,11.Kata kunci: geogebra, penelitian tindakan kelas, komunikasi matematis
Copyrights © 2015