JAZIRAH: JURNAL PERADABAN DAN KEBUDAYAAN
Vol 1 No 1 (2020): Desember 2020

KEMAMPUAN KESADARAN FONOLOGIS SISWA BERKESULITAN MEMBACA

Hana Mumtazia Nurhaq (Universitas Pendidikan Indonesia)
Yeti Mulyati (Universitas Pendidikan Indonesia)
Rosita Rahma (Universitas Pendidikan Indonesia)



Article Info

Publish Date
02 Dec 2020

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk beroleh gambaran tentang kesadaran fonologis anak berkesulitan membaca. Gambaran tersebut didapat melalui wawancara dan pelaksanaan tes kesadaran fonologis dengan instrumen yang diadaptasi dari Phonological Awareness Test. Subjek dalam penelitian ini adalah seorang siswa berkesulitan membaca yang duduk di kelas 3 salah satu SD Negeri di Kota Bandung. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus. Hasil penelitian menunjukkan: 1) kemampuan rhyming sebesar 42,5%; 2) kemampuan menyegmentasi sebesar 30%; 3) kemampuan mengisolasi sebesar 0%; 4) kemampuan menghapus sebesar 10%; 5) kemampuan mengganti sebesar 0%; dan 6) kemampuan menggabungkan sebesar 27,5%. Hasil tersebut dapat bermanfaat sebagai informasi awal bagi penyusunan program intervensi pelatihan kesadaran fonologis bagi siswa berkesulitan membaca. Informasi awal tersebut diperlukan agar intervensi yang dirancang dapat tepat sasaran dan sesuai dengan kebutuhan siswa berkesulitan membaca.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

jazirah

Publisher

Subject

Humanities Education Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences

Description

Jazirah: Jurnal Peradaban dan Kebudayaan publishes articles that can be accepted in this journal are History, Language, Literature, and Culture. Study in the field of scientific history, world history, the history of Indonesia, and the history of Islamic civilization. Scientific development studies ...