Penelitian ini bertujuan untuk meliputi pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Think Talk Write terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis siswa VII SMP Negeri 5 Kendari. Populasi penelitian ini seluruh siswa VII SMP Negeri 5 Kendari yang terdistribusi dalam 11 kelas. Penentuan sampel dilakukan dengan teknik Purposive Sampling dan terpilih 2 kelas, yakni kelas VII¬-I sebagai kelas ekperimen dan kelas VII-J sebagai kelas kontrol yang model digunakan pembelajaran Konvensional. Penentuan kelas eksperimen dan control ditentukan secara acak. Kedua kelas mempunyai kemampuan pemecahan masalah matematis yang relatif sama. Desain penelitian Posttest Only Control Group Design. Data hasil penelitian dikumpulkan melalui tes kemampuan pemecahan masalah matematis dan lembar observasi. Teknik analisis data menggunakan statistik deskriptif dan statistik inferensial. Berdasarkan hasil penelitian, diperoleh kesimpulan terdapat pengaruh yang signifikan model pemebelajaran kooperatif tipe Think Talk Write terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis siswa kelas VII SMP Negeri 5 Kendari.
Copyrights © 2022